Tautan-tautan Akses

Perancis Gelar Pemilu Parlemen


Mantan ibu negara Perancis, Carla Bruny-Sarkozy, memasukkan surat suaranya ke kotak penitipan suara di salah satu TPS di Paris (10/6).

Mantan ibu negara Perancis, Carla Bruny-Sarkozy, memasukkan surat suaranya ke kotak penitipan suara di salah satu TPS di Paris (10/6).

Jajak pendapat menunjukkan partai-partai sayap kiri diperkirakan dapat memperoleh mayoritas tipis dari 577 kursi majelis rendah Parlemen Perancis.

Putaran pemilihan parlemen mulai digelar di Perancis hari Minggu ini, dimana jajak pendapat menunjukkan partai-partai sayap kiri bisa memperoleh mayoritas tipis dari 577 kursi Majelis Nasional, majelis rendah parlemen.

Tidak jelas apakah partai Sosialis dan sekutu-sekutunya akan mendapat mayoritas yang diperlukan dalam putaran pertama melawan partai konservatif UMP pimpinan mantan presiden Nicolas Sarkozy.

Para analis mengatakan bahwa bekerjasama dengan partai Hijau dan sekutu-sekutu kiri garis keras, Presiden Francois Hollande yang mulai menjabat bulan lalu bisa membangun mayoritas untuk menetapkan langkah-langkah yang diharapkan akan mengurangi pengangguran, dan melejitkan perekonomian terbesar kedua di Eropa itu.

Marine Le Pen dari partai sayap kanan Front Nasional berusaha memenangkan suara di parlemen untuk pertama kali sejak tahun 1980an setelah ia berada di tempat ketiga dalam pemilu presiden.

Hasil awal diperkirakan akan diperoleh saat TPS-TPS ditutup Minggu malam. Pemilihan putaran kedua dan terakhir dijadwalkan tanggal 17 Juni.

Senat Perancis, majelis tinggi parlemen Perancis, sudah dikuasai sayap kiri.
XS
SM
MD
LG