Tautan-tautan Akses

Penyidik Pistorius Hadapi Tuduhan Pembunuhan


Detektif Afrika Selatan Hilton Botha duduk di deretan kursi para saksi selama persidangan Oscar Pistorius di Pretoria (20/2).

Detektif Afrika Selatan Hilton Botha duduk di deretan kursi para saksi selama persidangan Oscar Pistorius di Pretoria (20/2).

Detektif Afrika Selatan yang memimpin penyidikan pembunuhan oleh Oscar Pistorius menghadapi tuduhan pembunuhan, Kamis (21/2)

Pihak berwenang mengatakan hari Kamis bahwa Detektif Hilton Botha telah dituduh dengan tujuh pasal upaya pembunuhan sehubungan dengan penembakan terhadap sebuah kendaraan yang ia coba hentikan.

Tuduhan-tuduhan terkait dengan insiden tahun 2011 itu tadinya telah dicabut untuk sementara, tetapi polisi mengatakan tuduhan-tuduhan tersebut telah diajukan kembali.

Sidang mengenai uang jaminan bagi pembebasan Pistorius dilanjutkan hari Kamis, menyusul kesaksian dari Botha hari Rabu dimana ia mengatakan keterangan pelari Olimpiade itu mengenai bagaimana ia membunuh pacarnya konsisten dengan temuan polisi di tempat kejadian.

Pistorius bersikeras mengatakan bahwa ia mengira ia menembak pencuri dan tidak berniat menembak pacarnya – Reeva Steenkamp – di rumahnya pekan lalu. Jaksa mengatakan penembakan melalui pintu kamar mandi itu adalah pembunuhan terencana.

Botha sependapat dengan pembela Barry Roux bahwa tidak ada tanda serangan pada tubuh Steenkamp dan tidak ada tanda-tanda bahwa Steenkamp membela diri dari serangan.
XS
SM
MD
LG