Tautan-tautan Akses

Penyelidik: Latihan Militer Picu Salah Satu Kebakaran Hutan di Australia


Petugas pemadam kebakaran Australia berupaya memadamkan api di wilayah Bilpin, 75 kilometer sebelah Barat Sydney, Australia (22/10).

Petugas pemadam kebakaran Australia berupaya memadamkan api di wilayah Bilpin, 75 kilometer sebelah Barat Sydney, Australia (22/10).

Pejabat-pejabat Australia mengatakan latihan militer rutin telah memicu salah satu dari puluhan kebakaran terbesar yang melanda negara bagian berpenduduk terpadat di Australia.

Para penyelidik mengatakan ledakan saat latihan militer menyulut kebakaran semak belukar dekat kota Lithgow, di sebelah barat Sydney. Api telah membakar 47 ribu hektar lahan dan menghancurkan sejumlah rumah.

Mark Greenhill, walikota kota Blue Mountains, mengatakan ia berharap untuk melihat penyelidikan yang transparan.

Walaupun keadaan bahaya telah agak mereda dengan tibanya cuaca yang lebih dingin, lebih dari 60 kebakaran masih berkobar di negara bagian New South Wales, dan banyak yang masih berkobar tak terkendali.

Sejak akhir pekan lalu, kebakaran tersebut telah menghancurkan lebih 200 rumah dan menewaskan satu orang.

Para pejabat mengatakan, Kamis, seorang pilot yang membantu memerangi kebakaran menjadi korban kedua yang tewas dalam krisis itu, setelah pesawatnya jatuh di sebuah kawasan terpencil di sebelah Selatan Sydney. Pihak berwenang belum bisa mengambil jenasah pria berusia 43 tahun itu. Tidak jelas apa penyebab jatuhnya pesawat yang ikut memicu kebakaran lain tersebut.

Sebelumnya, seorang pria tewas karena serangan jantung ketika berusaha menyelamatkan rumahnya dari amukan api.
XS
SM
MD
LG