Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Merilis Laporan Urutan Kejadian Serangan Benghazi


Juru bicara Pentagon, George Little dalam sebuah jumpa pers (Foto: dok). Pentagos merilis laporan urutan kejadian terkait serangan Benghazi.

Juru bicara Pentagon, George Little dalam sebuah jumpa pers (Foto: dok). Pentagos merilis laporan urutan kejadian terkait serangan Benghazi.

Pentagon merilis laporan urutan kejadian untuk menjawab pertanyaan tentang situasi seputar serangan terhadap konsulat AS di Benghazi

Sebuah laporan perkembangan situasi Departemen Pertahanan Amerika memperlihatkan para pemimpin Pentagon tahu tentang serangan 11 September terhadap Konsulat Amerika di Benghazi, sejam setelah dimulai, tetapi mereka gagal memobilisasi bantuan pasukan yang berbasis di Eropa secara cepat untuk mencegah tewasnya empat warga Amerika, termasuk dutabesar. Menteri Pertahanan Leon Panetta dan penasihat militernya diberitahu tentang serangan 50 menit setelah kejadian.

Panetta dan Jendral Martin Dempsey, Kepala Staf Gabungan pergi ke sebuah pertemuan yang sudah dijadwalkan di Gedung Putih kurang dari setengah jam kemudian. Mereka membicarakan tanggapan yang mungkin terhadap situasi yang berkembang di Benghazi, dimana militan mengepung konsulat dan membakarnya. Dutabesar Chris Stevens tewas dalam serangan itu.

Pentagon merilis laporan urutan kejadian untuk menjawab pertanyaan tentang situasi seputar serangan terhadap konsulat ini dan kematian dutabesar.

Dalam pemilihan presiden yang baru lalu, penantang partai Republik Mitt Romney menuduh presiden Obama menanggapi serangan itu dengan cara yang salah.

Menteri Pertahanan Panetta berulang kali mengatakan tak ada pesawat atau tim pasukan yang dipersenjatai siap di dekat Benghazi dan diperintahkan kesana dalam wakstu singkat.
XS
SM
MD
LG