Tautan-tautan Akses

Pengadilan Istri Politisi Tiongkok Berakhir Tanpa Vonis


Seorang perempuan sedang mengamati berita yang menampilkan Gu Kailai dalam pengawalan ketat sedang memasuki ruang sidang pengadilan kota Hefei (9/8).

Seorang perempuan sedang mengamati berita yang menampilkan Gu Kailai dalam pengawalan ketat sedang memasuki ruang sidang pengadilan kota Hefei (9/8).

Isteri Bo Xilai, politisi Tiongkok yang tercemar, tidak keberatan dengan dakwaan pembunuhan diajukan terhadapnya dalam pengadilan Hefei, Tiongkok (9/8).

Pengadilan yang paling berbau politik di Tiongkok telah berakhir hari Kamis ketika Gu Kailai, istri politisi Bo Xilai yang tercemar, tidak membantah tuduhan melakukan pembunuhan yang dikenakan padanya.

Pejabat pengadilan mengatakan, keputusan hakim belum dikeluarkan dalam sidang yang diadakan di sebuah pengadilan yang dijaga ketat di kota Heifei di bagian timur Tiongkok. Tidak dijelaskan kapan keputusan itu akan diumumkan, tapi para jaksa yakin bahwa Gu Kailai adalah pelaku utama dalam kejahatan ini.

Gu dan pembantunya dituduh meracun pengusaha Inggris Neil Heywood bulan November lalu di kota Chongqing, di mana Bo Xilai menjadi ketua partai komunis. Kata para pejabat, Gu, yang punya hubungan bisnis dengan Heywood, mungkin terlibat sengketa keuangan dengan pengusaha Inggris itu.

Kalau dinyatakan bersalah, Gu bisa dijatuhi hukuman mati, tapi ia kemungkinan akan diberi hukuman yang lebih ringan karena ia mau bekerja sama dengan pemerintah.

Kasus itu telah menghancurkan nama Bo Xilai yang tadinya dianggap sebagai tokoh politik yang sedang naik daun. Bo adalah pesaing paling kuat untuk duduk dalam komisi tetap politburo, badan tertinggi pembuat keputusan di Tiongkok, sebelum ia dipecat dari jabatan politiknya tahun ini.
XS
SM
MD
LG