Tautan-tautan Akses

Pemerintah Taiwan Tolak Permohonan Mantan Presiden Kunjungi Hong Kong


Mantan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou

Mantan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou

Pemerintah Taiwan yang curiga terhadap China telah melarang mantan Presiden Ma Ying-jeou berkunjung ke Hong Kong, dengan alasan keamanan dan terlalu sedikit komunikasi dengan pihak China.

Kantor Presiden Taiwan yang sekarang Tsai Ing-wen mengatakan hari Minggu (12/6) enam badan telah mengadakan pertemuan dua kali dalam satu minggu ini untuk mempertimbangkan rencana perjalanan Ma, yang telah habis masa jabatannya tanggal 20 Mei lalu, dan yang berencana memberi pidato dalam upacara hadiah jurnalisme Hong Kong Perhimpunan Penerbit Asia.

Badan-badan tersebut menolak kunjungan yang tadinya akan diadakan 27 hari setelah Ma turun dari jabatan karena mantan pemimpin itu mengetahui rahasia negara dan informasi rahasia “tingkat tinggi” yang diketahui mantan pemimpin itu, kata kantor presiden dalam pernyataan. Tidak ada preseden bagi permohonan seperti ini, kata pernyataan itu menambahkan.

Penolakan permohonan perjalanan Ma merupakan pernyataan paling kuat Tsai yang bertentangan dengan China dan partai oposisi utama pulau itu Partai Nasionalis yang mendukung kepresidenan Ma. [gp]

XS
SM
MD
LG