Tautan-tautan Akses

Pemerintah Spanyol Umumkan Reformasi Buruh Menyeluruh


Wakil PM Spanyol Soraya Saenz de Santamaria mengumumkan reformasi menyeluruh pasar tenaga kerja hari Jumat (10/2).

Wakil PM Spanyol Soraya Saenz de Santamaria mengumumkan reformasi menyeluruh pasar tenaga kerja hari Jumat (10/2).

Pemerintah Spanyol menyetujui reformasi menyeluruh pasar tenaga kerja untuk menghidupkan kembali ekonomi yang macet dan mengurangi angka pengangguran yang tinggi.

Wakil Perdana Menteri Spanyol Soraya Saenz de Santamaria mengumumkan paket baru langkah-langkah itu dalam jumpa pers hari Jumat.

Madrid berusaha melakukan reformasi besar-besaran untuk mengurangi defisitnya dan meyakinkan investor internasional bahwa negara itu tidak akan mengikuti Yunani, Irlandia dan Portugal dalam mencari dana talangan. Tingkat pengangguran di Spanyol, lebih dari 22 persen, adalah yang tertinggi di Eropa Barat.

Menteri Tenaga Kerja Maria Fatima Banez Garcia mengatakan uang pesangon juga akan dikurangi. Berdasarkan program tersebut, perusahaan-perusahaan Spanyol yang menghadapi kerugian akan bisa menarik diri dari perjanjian kerja bersama dan lebih fleksibel untuk menyesuaikan jadwal karyawan, tugas kerja dan upah. Tapi, Garcia menambahkan, berdasarkan peraturan baru itu pengusaha tidak akan bisa terus menerus mengontrak pekerja tanpa tunjangan.

Ratusan demonstran berkumpul di pusat kota Madrid untuk memprotes reformasi baru tenaga kerja itu. Pemerintah konservatif mengambil alih kekuasaan bulan Desember setelah menang besar dalam pemilu bulan November yang mengakhiri pemerintahan Sosialis hampir delapan tahun.

XS
SM
MD
LG