Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Ijinkan Facebook Ungkap Program Pemantauan NSA


Facebook diijinkan untuk memberikan penjelasan terkait perintah pemantauan data oleh pemerintah AS (Foto: ilustrasi).

Facebook diijinkan untuk memberikan penjelasan terkait perintah pemantauan data oleh pemerintah AS (Foto: ilustrasi).

Facebook diijinkan untuk memberikan penjelasan terkait perintah pemantauan data oleh pemerintah atas akun para pengguna jaringannya.

Ketua tim kuasa hukum Facebook mengatakan sepekan setelah berunding dengan pejabat-pejabat keamanan Amerika, Facebook diijinkan untuk memberikan penjelasan terkait perintah pemantauan data oleh pemerintah atas akun para pengguna jaringannya.

Ted Ullyot dalam sebuah pernyataan hari Jum’at mengatakan Facebook hanya diperkenankan mengungkap jumlah pengguna yang telah dipantau, sementara lobby-lobby masih dilakukan untuk mengungkapkan lebih banyak. Ijin untuk mengungkapkan hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Ted Ullyot mengatakan Facebook menerima sembilan hingga sepuluh ribu permintaan dari beberapa lembaga pemerintah dalam enam bulan terakhir tahun 2012, pada subyek terkait anak-anak yang hilang hingga ancaman teroris.

Dalam aliansi yang jarang terjadi – Facebook, Google dan Microsoft Corp. – mendesak pemerintah Obama untuk memperlunak perintah pemantauan yang diberikan.

Ketiga perusahaan itu berupaya menjaga jarak dari program pemantauan telepon dan jaringan internet – yang dikenal sebagai “PRISM” – yang dibocorkan oleh mantan pegawai NSA Edward Snowden pekan lalu.
XS
SM
MD
LG