Tautan-tautan Akses

Pembicaraan di Timur Tengah Upayakan Gencatan Senjata Israel-Hamas


Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di Yerusalem (23/7).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di Yerusalem (23/7).

Pimpinan perunding Palestina berharap akan penyelesaian cepat, tetapi Menteri Kehakiman Israel mengatakan bahwa dia tidak melihat adanya titik cerah.

Pembicaraan terus berlangsung sepanjang malam di semua front dalam usaha untuk mengatur gencatan senjata antara Israel dan Palestina di Gaza yang dikuasai militan.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon berada di kawasan itu.

Pimpinan perunding Palestina Saeb Erekat mengatakan kepada CNN bahwa ia berharap akan penyelesaian cepat. Tetapi, Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni mengatakan pada radio Israel bahwa dia tidak melihat adanya titik cerah.

Ban, yang bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Selasa (23/7) mengatakan kedua pihak harus menghentikan pertempuran dan berbicara mengenai akar penyebab masalah mereka. Ia mengatakan orang tidak harus menempuh cara kekerasan untuk menanggulangi keluhan mereka.

Pimpinan PBB itu mengutuk serangan roket Hamas terhadap Israel, tetapi mengatakan serangan udara Israel tidak akan menghasilkan keamanan.

Di Kairo Selasa, menteri Kerry mengatakan satu prakarsa Mesir dapat menjadi kerangka untuk gencatan senjata. Israel mengatakan pekan lalu pihaknya akan menerimanya, tetapi Hamas menolaknya.

XS
SM
MD
LG