Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB, Menlu AS Lanjutkan Pertemuan dengan Pejabat Timur Tengah


Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry berbicara pada wartawan di Kairo, Mesir (21/7). (AP/Charles Dharapak)

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry berbicara pada wartawan di Kairo, Mesir (21/7). (AP/Charles Dharapak)

Ban dan Kerry masing-masing dijadwalkan untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Mesir di Kairo Selasa.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry meneruskan pertemuan dengan para pejabat di Timur Tengah dalam usaha untuk mengakhiri pertempuran antara Israel dan Hamas.

Pertempuran dua minggu itu tidak menunjukkan tanda mereda Selasa pagi (22/7), sementara serangan udara Israel menghantam beberapa sasaran di Gaza dan roket dari Gaza terbang ke Israel.

Kerry bertemu Selasa pagi dengan kepala intelijen Palestina Majid Faraj sebelum mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shukri.

Kerry dan Shukri mengatakan mereka berharap untuk tidak hanya mencapai gencatan senjata, tetapi juga bergerak maju dengan proses perdamaian Israel-Palestina yang lebih besar.

Ban, yang telah mendesak kedua pihak untuk segera menghentikan kekerasan dan memulai negosiasi tanpa prasyarat, akan melakukan kunjungan ke Israel untuk bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan ke Tepi Barat untuk berbicara dengan para pejabat Palestina.

Kerry mengumumkan setelah pertemuan dengan Ban Senin malam bahwa Amerika Serikat menyediakan US$47 juta bantuan kemanusiaan bagi mereka yang butuh pangan, pemondokan dan obat-obatan di Gaza.

XS
SM
MD
LG