Tautan-tautan Akses

Pemberlakuan Zona Bebas Selfie di Mumbai, India


India Selfie Ban

India Selfie Ban

Kota Mumbai di India kini memberlakukan ‘zona bebas selfie’ di 16 lokasi sebagai respon terhadap kematian sejumlah orang akibat mengambil foto diri sendiri.

Menurut kantor berita Associated Press, dari 49 kematian akibat selfie sejak 2014 19 diantaranya terjadi di India.

Termasuk diantaranya dua orang yang meninggal dunia awal Februari.Salah satunya tenggelam setelah mengambil selfie dekat sebuah bendungan di kota Nashik, India bagian tengah. Temannya ikut tenggelam karena terjun ke air untuk menyelamatkan sang pengambil selfie.

Pada januari, seorang perempuan berusia 18 tahun tewas karena jatuh ke laut saat mengambil selfie di Benteng Bandstand, tempat bersejarah yang ramai didatangi turis.

Dalam insiden lain, seorang mahasiswa teknik tewas di depan Perbukitan Kolli di Tamil Nadu setelah batu tempat ia berpijak saat mengambil selfie tiba-tiba retak dan membuatnya jatuh membenturkan kepalanya.

Sebagian besar kawasan bebas selfie di Mumbai berada dekat perairan dan tidak ada pagar pembatas. Bila orang mengambil selfie di zona bebas selfie ini, ia terancam denda $18 (Rp 240-an ribu).

"Ini masalah baru bagi kami," kata juru bicara kepolisian Mumbai Dhananjay Kulkarni kepada CNN. "Kami telah menetapkan sejumlah lokasi rawan di Mumbai. Kami ingin membatasi orang agar tidak sembarangan saat berada di sana, agar tak terjadi kecelakaan."

Pembatasan selfie di India ini diberlakukan di tengah langkah-langkah serupa di berbagai negara, meski di negara lain larangan lebih terpusat ke penggunaan selfie stick alias ‘tongkat narsis’ alat bantu mengambil selfie dari jarak jauh. Museum seni Louvre di Perancis serta Disneyland di AS termasuk tempat wisata yang kini melarang ‘ tongsis’. [np]

XS
SM
MD
LG