Tautan-tautan Akses

PBB: Kesempatan Perbaiki Kehidupan Perempuan Hanya Sekali


Ketua Komisi Perempuan PBB, Phumzile Mlambo-Ngcuka.

Ketua Komisi Perempuan PBB, Phumzile Mlambo-Ngcuka.

Yang mutlak penting adalah mengentaskan kemiskinan, melenyapkan ketimpangan dan memelihara alam lingkungan dengan batas waktu tahun 2030.

Ketua Komisi Perempuan PBB, Phumzile Mlambo-Ngcuka mengatakan hari Senin (13/3), para pemimpin dunia yang menghadiri pertemuan tahunan tentang status perempuan ‘hanya sekali mempunyai kesempatan’ untuk memperbaiki kehidupan perempuan dan anak perempuan yaitu dengan melaksanakan sasaran PBB yang disetujui para pemimpin dunia tahun lalu.

Berbicara ketika membuka pertemuan itu, ia mengatakan, tema sidang tahun ini ialah kaitan antara pemberdayaan perempuan dan pembangunan. Ia mengimbau para anggota agar melaksanakan 17 sasaran luas dan 169 sasaran terarah yang disepakati tahun lalu karena amat penting guna memajukan kesetaraan bagi perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia.

Yang mutlak penting dalam kesepakatan itu adalah mengentaskan kemiskinan, melenyapkan ketimpangan dan memelihara alam lingkungan dengan batas waktu tahun 2030. Sasaran yang tinggi ini diperkirakan menelan biaya antara US$3,5 miliar dan $5 miliar tiap tahun.

Yang menjadi fokus pertemuan dua minggu itu adalah mencapai kesetaraan gender. [ka/al]

XS
SM
MD
LG