Tautan-tautan Akses

PBB Tetapkan Target Baru Berantas Kemiskinan, Kelaparan


Jutaan remaja di Afrika harus meninggalkan bangku sekolah guna membantu mencari tambahan nafkah untuk keluarganya (foto: ilustrasi).

Jutaan remaja di Afrika harus meninggalkan bangku sekolah guna membantu mencari tambahan nafkah untuk keluarganya (foto: ilustrasi).

Rancangan dokumen yang disepakati oleh 193 negara anggota PBB Minggu (2/8) malam itu menguraikan 17 tujuan dengan 169 target spesifik dalam beragam isu.

Ke-193 negara anggota PBB telah menyepakati agenda pembangunan baru untuk 15 tahun mendatang guna memberantas kemiskinan dan kelaparan, mencapai kesetaraan gender, memperbaiki standar hidup dan mengambil tindakan darurat untuk mengatasi perubahan iklim.

Rancangan dokumen yang tercapai Minggu (2/8) malam itu menguraikan 17 tujuan dengan 169 target spesifik dalam beragam isu – mulai dari mengentaskan kemiskinan dalam segala bentuk di seluruh dunia, menjamin pendidikan bermutu dan terjangkau hingga pemberdayaan energi terbarukan.

Dokumen Agenda Pembangunan Berkelanjutan Tahun 2030 itu akan disahkan dalam sebuah konferensi sebelum sidang tahunan Majelis Umum PBB akhir bulan depan.

Target-target baru yang tidak mengikat secara hukum tersebut akan menggantikan Tujuan Pembangunan Milenium (MDG) yang disahkan 15 tahun lalu.

Dalam laporan terakhirnya tentang MDG bulan lalu, Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan lebih dari satu miliar orang kini tidak lagi hidup dalam kemiskinan ekstrem, lebih banyak perempuan bisa bersekolah dan banyak kemajuan tercapai dalam bidang medis termasuk HIV/AIDS.

Tetapi, lanjut Ban, ketimpangan ekonomi masih meluas. Sekitar 80 persen orang miskin berada di Asia selatan dan sub-Sahara Afrika – 60 persen-nya terkonsentrasi di hanya lima negara yaitu India, Nigeria, China, Bangladesh dan Kongo.

XS
SM
MD
LG