Tautan-tautan Akses

PBB Bersiap Serukan Permohonan Bantuan Darurat $1,8 Miliar untuk Yaman


Petugas tengah mengeluarkan bantuan kemanusiaan untuk warga sipil di Sanaa, Yemen dari truk, 10 April 2015 (FOto: dok).

Petugas tengah mengeluarkan bantuan kemanusiaan untuk warga sipil di Sanaa, Yemen dari truk, 10 April 2015 (FOto: dok).

Kepala urusan kemanusiaan PBB, Stephen O'Brien, mengatakan dana bantuan itu akan digunakan untuk menyediakan pangan, air, sanitasi dan layanan-layanan kesehatan darurat bagi 10,6 juta orang di negara itu.

PBB bersiap-siap untuk meminta para donor internasional bantuan kemanusiaan senilai 1,8 miliar dolar bagi jutaan orang di Yaman tahun ini.

Kepala urusan kemanusiaan PBB, Stephen O'Brien, mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa seruan itu akan disampaikan Kamis. Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan akibat-akibat kehancuran yang dialami Yaman dalam 12 bulan terakhir, dan mengatakan, dana bantuan itu akan digunakan untuk menyediakan pangan, air, sanitasi dan layanan-layanan kesehatan darurat bagi 10,6 juta orang di negara itu.

Konflik antara pemberontak Houthi dan pemerintah Presiden Abd Rabbu Mansour Hadi meningkat pada Maret 2015 setelah Houthi, yang mengontrol ibukota Yaman, bergerak masuk ke kota pelabuhan Aden dan memaksa presiden melarikan diri ke Arab Saudi.

Saudi membantu Hadi dengan memimpin koalisi yang melangsungkan serangan udara terhadap Houthi.

O'Brien mengatakan, pertempuran itu telah menewaskan lebih dari 6000 orang, sebagian di antara mereka warga sipil, dan memaksa 2,7 juta orang pergi mengungsi. [ab]

XS
SM
MD
LG