Tautan-tautan Akses

Paus Bertemu 3 Kardinal Bahas Penyelidikan Skandal Vatikan


Paus Benediktus XVI telah memanggil tiga kardinal untuk membahas penyelidikan tentang adanya skandal perebutan kekuasaan di Vatikan (foto: dok).

Paus Benediktus XVI telah memanggil tiga kardinal untuk membahas penyelidikan tentang adanya skandal perebutan kekuasaan di Vatikan (foto: dok).

Vatikan sedang menyelidiki skandal pembocoran dokumen yang memperlihatkan adanya perebutan kekuasaan di kalangan tertinggi hirarki gereja Katolik.

Paus Benediktus telah bertemu dengan tiga kardinal yang sudah pensiun dan sedang menyelidiki skandal pembocoran dokumen yang memperlihatkan adanya perebutan kekuasaan di kalangan tertinggi hirarki gereja Katolik.

Pertemuan tertutup dengan Julian Herranz dari Spanyol, Jozef Tomko dari Slovakia dan Salvatore de Giorgi dari Italia dijadwalkan Sabtu siang. Tak ada informasi lebih lanjut.

Skandal ini bocor pada Januari ketika reporter Italia, Gianiuigi Nuzzi membeberkan surat-surat dari seorang pengelola Vatikan tingkat tinggi yang mohon Paus tidak mencopot dirinya karena telah melancarkan tuduhan korupsi yang merugikan Tahta Suci jutaan dolar. Pejabat ini, Uskup Agung Carlo Maria Vigano tetap dipindahkan dan kini jadi dutabesar Vatikan di Washington.

Bulan lalu Nuzzi menerbitkan sebuah buku didasarkan pada dokumen-dokumen baru, termasuk surat menyurat Paus dengan sekretaris pribadinya.

Pembantu rumah tangga Paus Paolo Gabriele ditangkap pada 23 Mei dan dikenakan tuduhan mencuri dokumen-dokumen Paus. Dokumen tersebut ditemukan dalam apartemennya di Vatican city.

Tetapi media Italia mengutip sumber-sumber Vatikan sebagai mengatakan tak mungkin pembantu itu bertindak sendirian dan kemungkinan tindakan itu dilakukan setelah diperintahkan oleh tokoh-tokoh dari dalam yang kuat lainnya.

Panil penyelidik itu dipimpin tiga kardinal senior punya mandat luas untuk menanyai pejabat Vatikan dan para kardinal lainnya untuk membongkar tindak pembocoran ini sampai ke akar-akarnya.
XS
SM
MD
LG