Tautan-tautan Akses

Vatikan: Paus Merasa Pilu dengan Makin Dalamnya Skandal


Paus Benediktus XVI merasa pilu dengan skandal pembocoran dokumen kepausan (foto: dok).

Paus Benediktus XVI merasa pilu dengan skandal pembocoran dokumen kepausan (foto: dok).

Paus Benediktus merasa pilu dengan skandal yang melibatkan pembocoran dokumen kepausan yang mengungkap perebutan kekuasaan di kalangan Vatikan.

Juru bicara Vatikan mengatakan Paus Benediktus dalam keadaan pilu oleh mendalamnya skandal yang melibatkan pembocoran dokumen kepausan yang mengungkap perebutan kekuasaan di kalangan tingkat tertinggi Gereja Katolik Roma itu.

Federico Lombardi juga mengulangi bantahannya bahwa ada kardinal yang sedang diselidiki dalam kasus itu meskipun laporan-laporan media Italia telah mengatakan seorang kardinal yang tidak disebutkan namanya terkait dengan pembocoran itu.

Hari Senin, Lombardi mengatakan banyak pejabat Vatikan yang diinterogasi tapi ia tidak menjelaskan lebih jauh.

Para pejabat Vatikan berupaya mengekang desas-desus mengenai apa yang diikuti skandal “Vatileaks” dimana dokumen-dokumen rahasia dibocorkan kepada para wartawan Italia. Dokumen itu mengungkap masalah-masalah pajak gereja dan perebutan wewenang.

Minggu lalu pelayan pribadi Paus Benediktus, Paolo Gabriele, di tangkap dan dituduh mencuri dokumen-dokumen kepausan yang ditemukan di apartemennya di kota Vatikan.

Koran-koran Italia, mengutip beberapa saksi pelaku lain di Vatikan mengatakan pelayan itu tidak mungkin bertindak sendiri dan kemungkinan melakukannya atas suruhan tokoh-tokoh yang lebih berpengaruh.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG