Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Bombardir Basis Pemberontak di Aleppo

  • Edward Yeranian

Pasukan pemerintah Suriah terus membombardir kota Aleppo untuk hari keempat berturut-turut hari Rabu (18/12).

Pasukan pemerintah Suriah terus membombardir kota Aleppo untuk hari keempat berturut-turut hari Rabu (18/12).

Pasukan pemerintah Suriah terus membombardir daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di kota terbesar di negara itu, Aleppo, untuk hari keempat berturut-turut hari Rabu (18/12).

Saksi mata mengatakan penggunaan "barrel bomb" atau bom tong yang berisi bahan peledak, paku dan gotri telah banyak menelan korban warga sipil, dan para dokter harus berusaha keras menyelamatkan korban.

Sebuah video amatir yang ditayangkan dalam saluran TV satelit Arab menunjukkan asap mengepul ke udara akibat serangan udara pasukan pemerintah terhadap sebuah distrik yang dikuasai pemberontak, di Aleppo. Saksi mata mengatakan sebuah helikopter menjatuhkan "barrel bomb" berisi paku, gotri dan pecahan logam lainnya ke daerah Masaken Hanano.

Video amatir lainnya menunjukkan regu penyelamat menggali puing-puing bangunan yang runtuh ditengah debu dan asap yang memenuhi udara. Aktivis oposisi mengatakan kepada TV al-Arabiya bahwa helikopter pemerintah tampaknya "secara acak," menarget daerah-daerah warga sipil.

Teresa Sancristoval dari organisasi Doctors Without Borders mengatakan kepada VOA bahwa dokter-dokter di Aleppo kewalahan dengan jumlah korban dan kehabisan obat.

"Hanya ada sedikit dokter yang harus bekerja lama berjam-jam. Sangat sedikit dokter yang mampu melakukan operasi. Hanya ada sedikit tempat tidur, karena orang-orang takut jika pergi ke rumah sakit besar akan menjadi target pemboman. Jadi, pasien-pasien disuruh pulang hanya beberapa jam setelah dioperasi," ujar Teresa.

Saluran TV satelit Arab menunjukkan pemberontak menembakkan mortir ke daerah Aleppo yang dikuasai pemerintah. Tidak jelas dari gambar video apa yang menjadi sasaran serangan itu. Pasukan pemerintah menguasai kira-kira 40 persen daerah Aleppo, termasuk benteng terkenal di atas bukit yang menghadap ke kota.

Pertempuran dan penembakan artileri berat terus berlanjut di pinggiran kota Damaskus timur yang dikuasai pemberontak. Video amatir menunjukkan pemberontak menyerang kota Deir Salmane yang dikuasai pemerintah, dan mengklaim telah menguasai kota itu. Klaim tersebut, belum bisa dikonfirmasi.

Televisi pemerintah Suriah mengecam pejuang pemberontak atas apa yang disebut "serangan brutal " terhadap warga sipil di kota Adra, di luar kota Hama utara. Ketua Partai Ba'ath di kota Hama yang pro-pemerintah, Mohammed Ahmady, menyebutnya sebagai "aksi terorisme yang didukung pihak asing."

Riad Kahwaji, direktur Institute for Near East and Gulf Military Analysis, mengatakan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad merasa semakin percaya diri dalam konflik yang telah berlangsung hampir tiga tahun.

Meningkatnya pertempuran baru-baru itu terjadi ketika para diplomat internasional sedang mempersiapkan sebuah konferensi perdamaian yang didukung PBB di Swiss bulan depan.
XS
SM
MD
LG