Tautan-tautan Akses

PBB Terbangkan Bantuan untuk Suriah dari Irak


Para pekerja memindahkan bantuan kemanusiaan dari PBB untuk Suriah ke pesawat di bandara Arbil, sekilatr 220 miles (354 kilometer) sebelah utara Baghdad (15/12).

Para pekerja memindahkan bantuan kemanusiaan dari PBB untuk Suriah ke pesawat di bandara Arbil, sekilatr 220 miles (354 kilometer) sebelah utara Baghdad (15/12).

PBB mulai menerbangkan bantuan kemanusiaan dari Irak ke Suriah Utara untuk membantu 60 ribu warga Suriah yang terpaksa meninggalkan rumah mereka, Minggu (15/12).

PBB menerbangkan bantuan kemanusiaan dari Irak ke Suriah Utara, di mana rakyat yang sudah menderita akibat pertempuran selama dua setengah tahun lebih kini harus menghadapi cuaca musim dingin yang berat.

Penerbangan bantuan itu dimulai hari Minggu, dan dijadwalkan berlangsung selama 10 hari untuk membawa berton-ton bahan makanan, selimut dan pasokan medis. Badan urusan pengungsi PBB menyatakan bantuan itu ditujukan untuk membantu 60 ribu warga Suriah yang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Pertempuran telah membatasi akses ke beberapa bagian Suriah, dan badan PBB tersebut menyatakan tidak ada pengiriman bantuan yang signifikan yang telah mencapai provinsi Al Hassakeh sejak Mei.

Penerbangan bantuan itu tertunda sejak pekan lalu karena badai musim dingin yang melanda kawasan tersebut. Pemerintah Suriah dan Irak menyetujui penerbangan tersebut.

PBB menyatakan perang saudara di Suriah telah memaksa lebih dari 2,2 juta pengungsi meninggalkan negara itu dan 6,5 juta lainnya mengungsi di dalam negeri. Jumlah tersebut mewakili hampir 40 persen jumlah penduduk Suriah.
XS
SM
MD
LG