Tautan-tautan Akses

Pasukan Kurdi, Turki Gempur Kubu ISIS Dekat Mosul


Pasukan Sunni Arab berlatih sebelum bertempur untuk mengambil alih Mosul, di Bashiqa (6/10). (Reuters/Thaier Al-Sudani)

Pasukan Sunni Arab berlatih sebelum bertempur untuk mengambil alih Mosul, di Bashiqa (6/10). (Reuters/Thaier Al-Sudani)

Amerika menyatakan siap memberi dukungan tambahan bagi koalisi pimpinan Irak itu jika diminta oleh Irak dan komandan-komandan AS.

Pejuang Peshmerga Kurdi, didukung artileri Turki, hari Minggu (23/10) mengklaim berhasil mengalahkan kelompok ekstremis Negara Islam (ISIS) di luar kota kedua terbesar Irak, Mosul. Mereka bahkan mengklaim telah sepenuhnya menguasai kota Bashiqa.

Kepada wartawan, komandan-komandan Peshmerga di luar kota itu mengatakan pejuang mereka telah memasuki Bashiqa, yang terletak sekitar 10 kilometer sebelah timur laut Mosul yang diduduki ISIS. Namun, wartawan tidak diizinkan masuk, dan status kota itu belum dikukuhkan sampai Senin pagi.

Keberhasilan terbaru koalisi Irak itu terjadi ketika Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter yang sedang berada di Irak, mengadakan pembicaraan di Irbil, tidak jauh dari Mosul, dengan pemimpin Kurdi Masoud Barzani dan komandan kunci militer.

Carter kemudian dikutip mengatakan "Peshmerga bertempur dengan sangat baik. Tetapi akibat gigih bertempur, jatuh korban di pihak mereka."

Setelah pembicaraan terpisah hari Sabtu di Baghdad dengan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi, Carter juga mengatakan Amerika siap memberi dukungan tambahan bagi koalisi pimpinan Irak itu jika diminta oleh Irak dan komandan-komandan Amerika. [ka]

XS
SM
MD
LG