Tautan-tautan Akses

ISIS Lakukan Serangan Bunuh Diri di 2 Kota Irak


Asap membubung akibat serangan oleh kelompok Negara Islam (ISIS) di kota Kirkuk, Irak (21/10). (Reuters/Ako Rasheed)

Asap membubung akibat serangan oleh kelompok Negara Islam (ISIS) di kota Kirkuk, Irak (21/10). (Reuters/Ako Rasheed)

Serangan tersebut merupakan upaya dari sel tidur ISIS di kota itu dan upaya mengalihkan pasukan dari serangan yang sedang berlangsung terhadap Mosul.

Militan Negara Islam (ISIS) melancarkan serangan terhadap Kirkuk dan Dibis di Irak, hari Jumat (21/10), sementara pasukan Peshmerga Kurdi terus mendesak dan mendekati Mosul yang dikuasai kelompok tersebut.

Sebuah serangan bunuh diri terhadap sebuah lokasi pembangunan yang dioperasikan Iran di Dibis menewaskan sedikitnya 14 orang, termasuk empat orang Iran.

Sementara itu, enam polisi Irak dan 12 militan ISIS tewas dalam serangan terhadap kompleks polisi di Kirkuk, dan berita lokal melaporkan militan yang dipersenjatai masih menguasai rumah warga sipil dan bertempur dengan pasukan keamanan.

Seorang komandan Kurdi mengatakan, serangan Kirkuk merupakan upaya dari sel tidur ISIS di kota itu dan upaya mengalihkan pasukan dari serangan yang sedang berlangsung terhadap Mosul.

Komandan itu mengatakan, penyerang menguasai sebuah hotel di pusat kota dan bertempur dengan pasukan keamanan Kurdi selama berjam-jam. Sedikitnya 25 orang terluka dalam pertempuran itu. [jm]

XS
SM
MD
LG