Tautan-tautan Akses

AS

Partai Republik Raih 54 dari 100 Kursi Senat AS


Bill Cassidy dan isterinya, Laura memberikan konferensi pers di Baton Rouge, Louisiana (6/12).

Bill Cassidy dan isterinya, Laura memberikan konferensi pers di Baton Rouge, Louisiana (6/12).

Bill Cassidy dari partai Republik dipastikan memenangkan kursi Senat AS dari negara bagian Louisiana, mengalahkan mantan Senator partai Demokrat, Mary Landrieu.

Senator Demokrat Mary Landrieu dari negara bagian Louisiana menderita kekalahan dalam upayanya untuk memenangkan masa jabatan keempat. Ia dikalahkan oleh lawannya dari Partai Republik, Bill Cassidy, dalam pemilihan babak kedua.

Kekalahan itu hampir melengkapi kemenangan telak Partai Republik dalam pemilu November lalu, yang menempatkan Partai Republik sepenuhnya menguasai mayoritas di Kongres selama dua tahun terakhir masa jabatan Presiden Barack Obama.

Ketika Kongres baru mulai bersidang bulan depan, Partai Republik akan menguasai sedikitnya 246 kursi di DPR dibanding 188 untuk Demokrat, dan menduduki 54 dari 100 kursi Senat. Kemenangan ini memberikan mayoritas yang mantap seperti yang pernah dicapai pada pasca-Perang Dunia Kedua di bawah pemerintahan Presiden Harry Truman – yang seperti Obama, adalah seorang Demokrat.

Persaingan di Arizona belum selesai dan menunggu hasil penghitungan ulang dalam persaingan yang sangat ketat.

Partai Republik telah mampu memanfaatkan popularitas Presiden Obama yang rendah. Dalam kampanye di Louisiana, lawan Landrieu, yakni Bill Cassidy, memfokuskan catatan dukungan Landrieu terhadap berbagai kebijakan Presiden Obama.

XS
SM
MD
LG