Tautan-tautan Akses

Partai Republik Kecam Kebijakan Luar Negeri Obama


Mantan Menlu AS Condoleezza Rice mengatakan Amerika “sedang meninggalkan gelanggang perdagangan bebas” dalam era kepemimpinan Obama (29/8).

Mantan Menlu AS Condoleezza Rice mengatakan Amerika “sedang meninggalkan gelanggang perdagangan bebas” dalam era kepemimpinan Obama (29/8).

Kebijakan luar negeri Presiden Amerika Barack Obama mendapat kecaman tajam hari Rabu di Konvensi Nasional Partai Republik di Tampa, Florida.

Orang yang dikalahkan oleh Barack Obama dalam pemilihan presiden Amerika 4 tahun yang lalu mengecam Presiden Obama karena, katanya, meninggalkan perjuangan kebebasan manusia.

Senator Amerika dari Arizona, John McCain dari partai Republik, mengucapkan pidato yang mengeritik tajam kebijakan luar negeri Obama hari Selasa, di Konvensi Nasional Partai Republik di Tampa, Florida. Ia mengatakan presiden telah berkali-kali gagal mendukung sekutu di seluruh dunia serta lainnya yang telah berusaha menentang tirani dan diktator.

McCain menyebut kegagalan Obama untuk berbuat lebih banyak untuk mendukung para reformis di Iran yang memrotes terpilihnya kembali Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan mengatakan Obama menyebabkan oposisi gagal di Suriah, yang sedang berjuang untuk menggulingkan rejim Bashar al-Assad.

Ia juga mengecam Obama karena membiarkan negara-negara seperti Rusia dan Tiongkok mempunyai pengaruh yang terlalu besar atas kebijakan luar negeri Amerika. McCain mengatakan presiden-presiden Amerika masa lampau selalu mendukung orang-orang yang menentang musuh-musuh Amerika dan mempunyai keberanian untuk mengkonfrontir apa yang disebutnya tirani-tirani yang kejam.

McCain mengatakan, tidak seperti Obama, calon presiden dari partai Republik Mitt Romney menyadari “kalau Amerika tidak memimpin musuh-musuh kita akan memimpin” dan bahwa Romney mempunyai kemampuan untuk memulihkan kedudukan kepemimpinan Amerika di gelanggang dunia.

Sementara, mantan Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice mengeluarkan ucapan yang senada dalam pidatonya di konvensi itu. Sekalipun tidak menyebut nama Presiden Obama, Rice mengatakan Amerika tidak boleh enggan memimpin – dan kita tidak dapat memimpin dari belakang.

Rice mengatakan Amerika “sedang meninggalkan gelanggang perdagangan bebas” di bawah Obama. Dia mengemukakan bahwa sementara Amerika telah meratifikasi hanya 3 persetujuan perdagangan dalam beberapa tahun ini – semuanya pada masa pemerintahan sebelumnya di bawah Presiden George W. Bush – Tiongkok telah menanda-tangani 15 persetujuan perdagangan, dan sedang merundingkan 20 lagi.
XS
SM
MD
LG