Tautan-tautan Akses

Partai-Partai Inggris Berusaha Bentuk Koalisi


Partai Konservatif memperoleh 300 kursi, sementara Partai Buruh Brown mendapat 255 kursi, dari 650 kursi parlemen Inggris.

Perundingan untuk membentuk pemerintah baru Inggris berlangsung setelah dalam pemilu legislatif Partai Konservatif memperoleh kursi terbanyak tetapi tidak cukup untuk membentuk pemerintah sendiri.

Dengan hampir semua suara yang masuk dihitung, Partai Konservatif memperoleh 300 kursi dalam parlemen yang beranggota 650 orang, sementara Partai Buruh yang dipimpin PM Gordon Brown mendapat 255 kursi.

Karena kedua partai utama tidak memperoleh mayoritas mutlak, Partai Demokrat Liberal yang memperoleh 56 kursi menjadi calon mitra koalisi yang menggiurkan. Ketua Partai Demokrat Liberal Nick Clegg mengatakan, kesempatan pertama seyogyanya diberikan kepada Partai Konservatif yang memperoleh suara paling banyak.

Pemimpin Partai Konservatif David Cameron mengakui adanya perbedaan kebijakan dengan Partai Demokrat Liberal namun menyatakan akan bekerjasama dalam bidang-bidang di mana kedua partai memiliki kesamaan pandangan.

PM Brown mengatakan, jika perundingan antara kedua partai tidak berhasil, ia bersedia bekerjasama dengan Partai Liberal Demokrat. Ia juga berjanji akan mengajukan rancangan undang-undang reformasi sistem pemilu, yang menjadi salah satu tuntutan rakyat Inggris.

XS
SM
MD
LG