Tautan-tautan Akses

Partai Konservatif dan Liberal Demokrat Inggris Bahas Koalisi


Partai Liberal yang menang tipis dalam pemilu, berupaya mencari mitra politik guna membentuk pemerintahan baru.

Partai ketiga di Inggris, Partai Liberal Demokrat tengah mempertimbangkan berbagi kekuasaan dengan Partai Konservatif. Partai Liberal yang menang tipis itu, berupaya mencari mitra politik guna membentuk pemerintahan baru setelah menang tipis dalam pemilu parlemen.

Ketua Partai Liberal Demokrat Nick Clegg bertemu dengan anggota-anggota partainya hari Sabtu guna membahas syarat-syarat berbagi kekuasaan dengan kalangan Konservatif.

Kedua partai mempunyai ideologi yang sangat berbeda, namun Clegg kepada wartawan mengatakan, dia akan memasuki pembahasan dengan partai lain dalam suatu semangat membangun.

Kerjasama Partai Konservatif akan menyingkirkan Partai Buruh pimpinan PM Gordon Brown. Jika partai Konservatif dan Liberal tidak mencapai kesepakatan, Brown mengatakan partainya akan menawarkan aliansi dengan Clegg dan partainya.

Pemimpin-pemimpin tiga partai itu terlihat berdiri berdampingan hari Sabtu ketika mengikuti acara peletakan karangan bunga untuk memperingati genap 65 tahun berakhirnya Perang Dunia II.

XS
SM
MD
LG