Tautan-tautan Akses

Partai Komunis Vietnam Pilih Nguyen Phu Trong sebagai Pemimpin Baru


Ketua Partai Komunis Vietnam yang baru, Nguyen Phu Trong.

Ketua Partai Komunis Vietnam yang baru, Nguyen Phu Trong.

Trong yang berusia 66 tahun itu adalah seorang pakar teori Marxist dan sebelumnya memegang jabatan ketua Majelis Nasional Vietnam.

Sumber-sumber dalam Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam mengatakan para anggota teras telah mengambil keputusan yang sudah diduga sebelumnya, yakni, memberi jabatan pimpinan partai kepada Nguyen Phu Trong.

Laporan yang mengutip sumber-sumber Komunis mengatakan Komite Sentral partai yang berkuasa itu memilih Trong untuk memegang jabatan Sekertaris Jenderal dalam pemungutan suara hari Selasa di Hanoi, dimana para delegasi sedang menghadiri Kongres yang diadakan sekali 5 tahun.

Trong yang berusia 66 tahun itu adalah seorang pakar teori Marxist dan sebelumnya memegang jabatan ketua Majelis Nasional Vietnam. Ia akan menggantikan pimpinan Partai Komunis yang akan pensiun, Nong Duc Manh. Sumber-sumber partai mengatakan Komite Sentral yang beranggotakan 200 orang itu hari Selasa juga memilih anggota lain Politburo partai, yang menetapkan kebijakan pemerintah.

Semua anggota baru Politbuo diperkirakan akan diumumkan hari Rabu, hari pertama sidang Kongres. Para pemimpin baru Vietnam akan menghadapi beberapa tantangan ekonomi termasuk mata uang yang melemah, inflasi yang meningkat dan defisit perdagangan yang meningkat. Tetapi, para analis melihat hampir tidak ada perubahan kebijakan utama dari pemerintahan Vietnam sebelumnya.

XS
SM
MD
LG