Tautan-tautan Akses

Kapal Wisata Tenggelam di Lepas Pantai Vietnam, 12 Tewas


Petugas kesehatan Vietnam mengangkut korban tewas akibat tenggelamnya kapal wisata di Lepas Pantai utara provinsi Quang Ninh, Kamis (17/2).

Petugas kesehatan Vietnam mengangkut korban tewas akibat tenggelamnya kapal wisata di Lepas Pantai utara provinsi Quang Ninh, Kamis (17/2).

Wisatawan dari AS dan Eropa itu terperangkap dalam kapal dan tewas ketika kapal itu tenggelam sedalam 10 meter.

Dua belas orang, sebagian besar warga asing, tenggelam hari Kamis di kawasan salah satu pantai indah di Vietnam, ketika kapal wisata mereka yang sedang turun jangkar di teluk tiba-tiba tenggelam selagi para penumpang itu tidur.

Pihak berwenang mengatakan para wisatawan dari Amerika dan Eropa itu terperangkap dalam kapal dan tewas ketika kapal itu tenggelam sedalam 10 meter dekat sebuah pulau kecil di Teluk Ha Long dekat perbatasan Tiongkok.

Sembilan warga asing dan enam warga setempat selamat karena mereka meloncat ke laut dan diselamatkan oleh kapal-kapal wisata lainnya.

Seorang jurubicara Kementerian Luar Negeri menyebut tenggelamnya kapal itu "sebuah kecelakaan langka dan sangat disesalkan" yang disebabkan oleh kebocoran pada lambung kapal kayu itu.

Ia mengatakan polisi telah memulai penyelidikan resmi, dan menurutnya pihak berwenang akan memeriksa ulang berbagai prosedur untuk menjamin keamanan wisatawan pada masa depan.

Para saksi mata mengatakan kapal itu tenggelam dalam waktu kurang dari satu menit.

XS
SM
MD
LG