Tautan-tautan Akses

Parlemen Yunani Setujui Dana Talangan Baru dari Uni Eropa


Sidang parlemen di Athena, Yunani (14/8). (AP/Yannis Liakos)

Sidang parlemen di Athena, Yunani (14/8). (AP/Yannis Liakos)

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengatakan kepada para anggota parlemen bahwa paket dana talangan US$93 milyar dari Uni Eropa adalah “pilihan yang perlu” bagi negara.

Parlemen Yunani telah menyetujui paket dana talangan dari Uni Eropa, hanya beberapa jam menjelang pertemuan para menteri keuangan zona euro untuk memperdebatkan rancangan paket dana talangan tersebut.

Dalam pidatonya ke parlemen larut malam dalam sidang sepanjang malam itu sebelum pemungutan suara, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengatakan kepada para anggota parlemen bahwa paket dana talangan US$93 milyar dari Uni Eropa adalah “pilihan yang perlu” bagi negara, walaupun mengharuskan kenaikan pajak yang tidak disukai dan pemotongan anggaran.

Tsipras terpaksa mengandalkan dukungan partai oposisi untuk meloloskan rancangan itu, meskipun banyak hambatan prosedural dalam perdebatan yang mulai Kamis pagi (13/8).

Tsipras menghadapi tentangan kuat dari Partai Syriza, termasuk gerakan dari lebih 10 orang politisi sayap kiri yang mengumumkan hari Kamis mereka akan membentuk gerakan anti-dana talangan.

Para menteri keuangan zona euro akan mengadakan pertemuan dan pemungutan suara hari Jumat untuk menyetujui atau menolak persetujuan dana talangan itu.

Dana baru itu akan memungkinkan Athena melakukan pembayaran utangnya kepada Bank Sentral Eropa nanti bulan ini.

Yunani membutuhkan dana tersebut sebelum 20 Agustus, ketika negara itu harus membayar kembali kira-kira $3,5 milyar utangnya kepada Bank Sentral Eropa.

XS
SM
MD
LG