Tautan-tautan Akses

Bursa Saham Yunani Dibuka Lagi, Anjlok Drastis


Sebuah bendera Yunani berkibar di depan Gedung Bursa Saham Athena (Foto: dok) .

Sebuah bendera Yunani berkibar di depan Gedung Bursa Saham Athena (Foto: dok) .

Pemerintah masih membatasi penarikan dana dan terus merundingkan rincian untuk paket talangan sebesar 94 miliar dollar itu.

Saham-saham di bursa Yunani hari Senin anjlok tajam pada perdagangan pertama dalam lima minggu ini. Bursa Athena turun hampir 23 persen dalam sesi perdagangan awal.

Harga-harga saham agak pulih dua jam kemudian dengan penurunan kurang dari 19 persen.

Pemerintah menutup bursa saham itu dan semua bank akhir Juni lalu guna mengatasi krisis utang yang parah. Pemerintah juga memberlakukan pembatasan jumlah penarikan uang dari ATM.

Bulan lalu, Yunani mencapai kesepakatan dana talangan baru dengan Uni Eropa dan IMF. Pemerintah membuka kembali bank-bank tanggal 20 Juli. Pemerintah masih membatasi penarikan dana dan terus merundingkan rincian untuk paket talangan sebesar 94 miliar dolar itu.

Ini adalah talangan ke-tiga untuk Yunani dalam lima tahun ini. Kesepakatan itu tercapai seusai negosiasi dan kontroversi berminggu-minggu, termasuk referendum yang menolak tuntutan penghematan dari pihak kreditur asing.

Banyak warga Yunani menolak kebijakan penghematan lebih jauh karena merasa sudah menderita dengan kebijakan saat ini dan menganggap kebijakan itu hanya memperburuk perekonomian negara mereka.

XS
SM
MD
LG