Tautan-tautan Akses

Para Peneliti Berupaya Ciptakan Tomat Manis


Para peneliti sedang berupaya meningkatkan kadar protein GLK dalam tomat untuk mengembangkan varian tomat merah dengan rasa manis.

Para peneliti sedang berupaya meningkatkan kadar protein GLK dalam tomat untuk mengembangkan varian tomat merah dengan rasa manis.

Para peneliti sedang berupaya mengubah tingkat protein GLK dalam tomat untuk menghasilkan varian tomat warna merah dengan rasa manis.

Jangan tergoda oleh tomat merah yang cantik. Hasil peneltian baru yang dimuat dalam jurnal “Science” menunjukkan dengan keanehan yang tidak disangka-sangka, gen yang sama yang membuat tomat matang dengan merata juga menghilangkan rasa manis tomat tersebut.

Selama puluhan tahun, para pengembang tomat menghendaki warna yang seragam dalam tomat, buah yang merah dan gemuk, yang berasal dari benua Amerika dan sekarang ditanam di seluruh dunia dan dimakan sebagai sayur.

Varitas yang populer, yang dipetik dari pohonnya ketika masih hijau kekuningan, dan matang dalam perjalanan menjadi warna merah cerah yang sempurna untuk dijual di pasar atau toko swalayan.

Menurut para peneliti, yang menjadi masalah dalam proses pematangan tomat itu adalah mutasi gen yang menyebabkan pematangan seragam. Gen tersebut juga melumpuhkan satu protein yang dinamakan GLK2 yang memperkuat produksi gula dalam tomat. Akibatnya : buah merah yang indah, tapi menurut banyak konsumen, rasanya hambar.

Para peneliti berharap untuk memperbaiki masalah tersebut dengan mengubah tingkat GLK, dan menghasilkan tomat yang akan tiba di pasar atau toko swalayan dengan berwarna merah dan manis.
XS
SM
MD
LG