Tautan-tautan Akses

NATO Kepada Zelenskyy: ‘Kita Bertemu dalam Posisi Setara’


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berjabat tangan saat konferensi pers di sela KTT para pemimpin NATO di Vilnius, Lithuania, 12 Juli 2023. (Foto: REUTERS/Ints Kalnins)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berjabat tangan saat konferensi pers di sela KTT para pemimpin NATO di Vilnius, Lithuania, 12 Juli 2023. (Foto: REUTERS/Ints Kalnins)

Para pemimpin NATO, Rabu (12/7) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sewaktu mereka menutup pertemuan puncak di ibu kota Lithuania. Mereka menekankan dukungan bagi Kyiv untuk bergabung dengan aliansi keamanan itu tetapi tidak menyebut-nyebut komitmen tertentu atau jadwal waktu yang diinginkan Zelenskyy.

“Hari ini, kita bertemu dalam posisi setara. Saya menantikan hari di mana kita bertemu sebagai sekutu,” kata Sekjen NATO Jens Stoltenberg.

Dalam deklarasi tertulis hari Selasa (11/7), para pemimpin NATO mengatakan mereka “akan berada dalam posisi menyampaikan undangan kepada Ukraina untuk bergabung dengan aliansi pada waktu para sekutu sepakat dan berbagai persyaratan dipenuhi.”

Keanggotaan Kyiv di NATO, di tengah-tengah invasi Rusia, akan mengharuskan para sekutu untuk menerapkan prinsip “serangan terhadap satu anggota merupakan serangan terhadap semua anggota” yang tercantum dalam pasal 5 blok itu – yang membuat para anggota terlibat konflik langsung dengan Moskow.

Meskipun tidak mengulurkan jalur cepat untuk menjadi anggota, NATO membatalkan persyaratannya bagi Ukraina untuk memenuhi apa yang disebutnya sebagai Rencana Aksi Keanggotaan, yakni satu daftar target politik, ekonomi dan militer yang harus dipenuhinya sebelum bergabung dengan aliansi tersebut.

Sehari setelah mengecam NATO yang disebutnya “absurd” karena tidak adanya jadwal waktu yang jelas, Zelenskyy terlihat bersikap melunak dan mengakui kekhawatiran bahwa para sekutu tidak ingin terseret ke dalam konflik langsung dengan Moskow.

“Bahkan selama perang skala penuh melawan Rusia, Ukraina terus melakukan reformasi,” ujarnya. “Karena itu, kami sangat menghargai pengakuan bahwa Ukraina tidak memerlukan rencana aksi dalam prosesnya menjadi anggota NATO.” .

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menunggu sebelum dimulainya pertemuan dengan mitra Indo-Pasifik NATO selama KTT NATO, di Vilnius pada 12 Juli 2023. (Foto: AFP)
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menunggu sebelum dimulainya pertemuan dengan mitra Indo-Pasifik NATO selama KTT NATO, di Vilnius pada 12 Juli 2023. (Foto: AFP)

Dewan NATO-Ukraina

Agenda hari Rabu di antaranya adalah pertemuan pertama Dewan NATO-Ukraina, suatu badan pengambilan keputusan yang baru dibentuk yang memiliki otoritas lebih besar daripada Komisi NATO-Ukraina sebelumnya, yang hanya merupakan platform konsultasi.

Zelenskyy juga akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan Presiden AS Joe Biden hari Rabu.

Bersama-sama dengan Zelenskyy, para pemimpin demokrasi terkaya yang tergabung dalam kelompok G7, termasuk Biden, akan mengumumkan kerangka kerja baru untuk memberikan dukungan keamanan dan ekonomi jangka panjang bagi Ukraina melalui perundingan bilateral terpisah.

“Deklarasi multilateral ini akan mengirim sinyal penting bagi Rusia bahwa waktu tidak berpihak pada mereka,” kata Amanda Sloat, Direktur Senior Dewan Keamanan Nasional untuk urusan Eropa, dalam pengarahan kepada wartawan

Sebelum meninggalkan Vilnius, Biden akan menyampaikan pidato “yang menyoroti betapa AS, bersama-sama dengan para sekutu dan mitra kami, mendukung Ukraina, membela nilai-nilai demokrasi dan mengambil tindakan untuk menangani berbagai tantangan global,” kata Gedung Putih.

Tidak lama setelah pidatonya pada Rabu malam, Biden dijadwalkan untuk bertolak ke Helsinki untuk bertemu dengan para pemimpin Finlandia, Swedia, Norwegia, Islandia dan Denmark. Karena Swedia kini akan bergabung dengan NATO, kelima negara Nordik tersebut kini menjadi bagian dari aliansi militer tersebut.

KTT NATO: Akankah Keanggotaan Ukraina Dipercepat?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:49 0:00

Inggris mengatakan para anggota kelompok negara-negara G-7 berencana akan mengumumkan kerangka kerja baru bagi para sekutu untuk memberikan dukungan keamanan jangka panjang bagi Ukraina.

Ekspansi NATO

Sementara itu Presiden Biden pada Selasa (11/7) mengatakan KTT NATO itu mewakili suatu “momen bersejarah,” sewaktu blok keamanan itu bersiap untuk meluaskan keanggotaannya sambil menangani isu-isu seputar perang yang memanas di Ukraina.

“Menambahkan Finlandia dan Swedia ke NATO sangatlah penting,” kata Biden kepada Sekjen NATO Jens Stoltenberg. “Dan kepemimpinan Anda sangat penting. Kami menyetujui pernyataan yang Anda usulkan, terkait dengan masa depan Ukraina untuk dapat bergabung dengan NATO.”

Stoltenberg pada Selasa (11/7) mengatakan ia “sangat yakin” parlemen Turki akan menerima anggota baru NATO, Swedia.

Pada saat bersamaan, Zelenskyy terus mendorong masuknya Ukraina ke aliansi keamanan itu – suatu langkah yang dianggap para anggota NATO kemungkinan besar tidak akan diambil pada KTT di ibu kota Lithuania itu.

“NATO akan memberi keamanan bagi Ukraina,” cuit Zelenskyy. “Ukraina akan membuat aliansi lebih kuat.” [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG