Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Dunia Sambut Gembira Bebasnya Suu Kyi


Aung San Suu Kyi saat berbicara kepada para pendukungnya di luar rumahnya di Rangoon, Birma hari Sabtu, 13 November 2010.

Aung San Suu Kyi saat berbicara kepada para pendukungnya di luar rumahnya di Rangoon, Birma hari Sabtu, 13 November 2010.

Presiden Obama menyebutnya “pahlawanku” dan mengatakan Suu Kyi merupakan inspirasi bagi aktivis HAM di seluruh dunia.

Para pemimpin dunia memuji pembebasan pemimpin demokrasi Birma Aung San Suu Kyi Sabtu dari tahanan rumah di Rangoon.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebutnya “pahlawanku” dan mengatakan, Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang berusia 65 tahun itu merupakan inspirasi bagi para aktivis HAM di Birma dan di seluruh dunia.

Obama mengatakan, pembebasan Suu Kyi, yang ditahan oleh para penguasa militer Birma 15 dari 21 tahun ini, telah lama “kadaluwarsa” dan menyerukan kepada pemerintah Birma agar membebaskan semua 2200 tahanan politiknya.

Para pemimpin sesepuh, yakni sekelompok pemimpin dunia yang sudah pensiun, menyambut baik pembebasannya juga. Pemimpin kelompok itu, Uskup Agung Desmond Tutu dari Afrika Selatan, mengatakan, Suu Kyi adalah “lambang keberanian moral”.

Perdana Menteri Inggris David Cameron menyebut Suu Kyi “inspirasi bagi semua orang yang percaya pada kebebasan mengemukakan pendapat, demokrasi dan HAM.

XS
SM
MD
LG