Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Dunia Hadiri KTT G-20 di Meksiko


Kota peristirahatan Los Cabos di pantai Pasifik, Meksiko menjadi tuan rumah KTT G-20 (18/6).

Kota peristirahatan Los Cabos di pantai Pasifik, Meksiko menjadi tuan rumah KTT G-20 (18/6).

Menjelang KTT G-20, kekhawatiran akan kekacauan ekonomi di Eropa sedikit mereda dengan kemenangan partai 'pro-Euro' dalam pemilu Yunani.

Para pemimpin dunia berkumpul di Meksiko untuk pertemuan puncak G-20 selama dua hari mulai hari Senin di kota peristirahatan Los Cabos, pantai Pasifik, di tengah-tengah gawatnya zona Euro dan memburuknya pertumpahan darah di Suriah.

Kekhawatiran akan kekacauan ekonomi di Eropa sedikit mereda menjelang pertemuan puncak G-20 ketika hasil pemilu Yunani dimenangkan partai Demokrasi baru yang mendukung dana talangan. Sekiranya hasil pemilu menentang dana talangan, ini mungkin akan memaksa Yunani keluar dari mata uang bersama Euro, tindakan yang tadinya dapat menimbulkan bencana besar bagi negara-negara Eropa lain yang kurang sehat.

Presiden Amerika Barack Obama diperkirakan akan berusaha mendapatkan isyarat yang lebih berani dan cepat dari Eropa bahwa Eropa akan membendung krisis keuangannya dan menjaganya supaya tidak merusak ekonomi Amerika dan peluangnya untuk terpilih kembali.

Ia juga akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tetapi pengharapan rendah bahwa mereka akan menerobos kemacetan mengenai kekerasan yang terus berlangsung di Siria. Rusia dan Tiongkok telah melindungi Presiden Siria Bashar al-Assad terhadap setiap tindakan PBB.

G-20 mendatangkan 20 pemimpin negara yang ekonominya terkemuka di dunia.

Presiden Meksiko Felipe Calderon mengatakan pembicaraan bilateral dengan Presiden Tiongkok, Hu Jintao, hari Minggu menjelang pertemuan puncak hari Senin.
XS
SM
MD
LG