Tautan-tautan Akses

India dan Pakistan Berunding di Islamabad


Sekjen Kementerian Luar Negeri India Nirupama Rao (kiri) berjabat tangan dengan Sekjen Kementerian Luar Negeri Pakistan Salman Bashir di Pakistan.

Sekjen Kementerian Luar Negeri India Nirupama Rao (kiri) berjabat tangan dengan Sekjen Kementerian Luar Negeri Pakistan Salman Bashir di Pakistan.

Pembicaraan antara pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri kedua negara berpusat pada langkah-langkah kontra-terorisme.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri India Nirupama Rao telah bertemu dengan rekannya dari Pakistan di Islamabad, dan menjadikan dirinya pejabat tinggi India pertama yang mengunjungi Pakistan dalam waktu lebih dari setahun.

Rao dan Sekjen Kementerian Luar Negeri Pakistan Salman Bashir melakukan dialog pada hari Kamis di kantor Kementerian Luar Negeri Pakistan. Ia juga akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi.

Rao menggambarkan pembicaraan itu sebagai sebuah penelusuran cara-cara untuk membangun kepercayaan antara kedua negara. Para pejabat juga mengatakan kedua pejabat tinggi itu diperkirakan akan memusatkan perhatian pada langkah-langkah kontra-terorisme dan membantu menyusun agenda untuk pertemuan antara menteri luar negeri Pakistan dan menteri luar negeri India bulan depan.

India menghentikan pembicaraan perdamaian antara kedua negara setelah terjadinya serangan teror maut di Mumbai tahun 2008. India menuding kelompok militan berbasis di Pakistan atas serangan selama tiga hari terhadap ibukota keuangan India itu, yang menyebabkan lebih dari 166 orang tewas.

XS
SM
MD
LG