Tautan-tautan Akses

Panel Bhopal Desak Mantan Bos Union Carbide Diekstradisi


Pimpinan Union Carbide akan diminta mengkaji ulang pertanggungan jawab dalam kebocoran gas kimia tahun 1984 di Bhopal.

Menteri-menteri India mendesak pemerintah untuk meminta ekstradisi bekas pimpinan Union Carbide dan mengkaji ulang pertanggungan jawab Dow Chemical dalam kebocoran gas tahun 1984 yang menewaskan ribuan orang di Bhopal, India Tengah.

Panel menteri itu mengajukan rekomendasi tersebut kepada pemerintah India hari Senin. Laporan mereka akan dibahas dalam rapat kabinet khusus hari Jumat.

Kemarahan atas bencana industri terburuk di dunia, di pabrik milik anak perusahaan Union Carbide di negara bagian Madhya Pradesh, muncul lagi bulan lalu setelah sebuah pengadilan India menghukum tujuh bekas manager perusahaan dua tahun penjara karena kejahatan kelalaian.

Panel tersebut mendesak pemerintah India untuk memperbarui usahanya agar bekas pemimpin Union Carbide Warren Anderson diekstradisi dari Amerika. Pengadilan India sebelumnya telah menyatakan Anderson sebagai buronan.

Para menteri itu juga minta pemerintah supaya mengklaim ganti rugi lebih lanjut dari Dow Chemical, perusahaan yang kini memiliki Union Carbide.

XS
SM
MD
LG