Tautan-tautan Akses

Para Menteri Arab Bahas Rencana untuk Akhiri Krisis Suriah


Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar Ja'afari (Foto: dok).

Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar Ja'afari (Foto: dok).

Para menteri luar negeri Arab berkumpul di Kairo hari Minggu untuk membahas gagasan membentuk misi pemantau bersama Arab-PBB untuk Suriah.

Para menteri diperkirakan akan mempertimbangkan usulan-usulan untuk misi pemantau Arab yang baru, yang akan menggantikan misi yang dihentikan bulan lalu setelah meningkatnya kekerasan di Suriah.

Negara-negara Teluk juga menarik mundur para pemantau mereka untuk memprotes penolakan pemerintah Suriah untuk mengakhiri penumpasan terhadap pergolakan yang telah berlangsung 11 bulan.

Para menteri Liga Arab mungkin juga akan membahas pengakuan atas Dewan Nasional Suriah yang berkantor pusat di Istanbul, organisasi pusat kelompok oposisi.

Hari Sabtu, kekerasan berlanjut di kota pusat kerusuhan Homs, dimana sedikitnya 12 orang tewas ketika Pasukan Surih memasuki Homs untuk menumpas pemberontakan terhadap Presiden Assad.

Di Damaskus dan di Douma, Suriah Selatan, bentrokan tengah malam antara Tentara Suriah Merdeka dan pasukan pemerintah menewaskan sedikitnya tiga orang.

Pasukan pemerintah juga memasuki beberapa bagian kota Zabadani. PBB mengatakan kekerasan terkait pergolakan itu telah menewaskan lebih dari 5.400 orang. Namun, PBB mengatakan bulan lalu bahwa badan itu telah menghentikan perhitungan korban tewas karena sulit untuk memperoleh informasi.

XS
SM
MD
LG