Tautan-tautan Akses

Panglima Angkatan Laut Taiwan Akan Kunjungi AS


FILE - Komandan Angkatan Laut Taiwan Tang Hua menghadiri upacara pengiriman enam korvet kelas Tuo Chiang buatan Taiwan di sebuah pelabuhan di Yilan, Taiwan 26 Maret 2024.
FILE - Komandan Angkatan Laut Taiwan Tang Hua menghadiri upacara pengiriman enam korvet kelas Tuo Chiang buatan Taiwan di sebuah pelabuhan di Yilan, Taiwan 26 Maret 2024.

Panglima angkatan laut Taiwan, Tang Hua, akan mengunjungi Amerika Serikat minggu depan untuk menghadiri upacara militer dan membahas berbagai cara meningkatkan kerja sama bilateral AS-Taiwan sementara China meningkatkan ancaman terhadap pulau itu, kata enam orang yang mendapat pemberitahuan tentang rencana kunjungan tersebut.

Meskipun Taiwan dan Amerika Serikat memiliki hubungan dekat, hubungan ini tidak resmi karena Washington secara resmi mengakui China, bukan pulau yang dikelola secara demokratis yang diklaim oleh Beijing sebagai wilayahnya itu. Taiwan menolak klaim teritorial China.

Enam sumber keamanan mengatakan Tang akan mengunjungi Hawaii, markas Komando Indo-Pasifik AS, untuk upacara pergantian komando Armada Pasifik. Tiga dari mereka mengatakan Tang diperkirakan akan menghadiri konferensi Laut-Udara-Antariksa di dekat Washington pada 8-10 April dan pembicaraan sedang dilakukan untuk mengatur pertemuan dengan kepala operasi angkatan laut AS, Laksamana Lisa Franchetti.

Sumber tersebut berbicara kepada kantor berita Reuters dengan syarat anonimitas mengingat sensitivitas perjalanan itu. Angkatan Laut Taiwan dan Pentagon menolak berkomentar.

Kementerian Pertahanan China tidak menanggapi permintaan komentar. Kementerian Luar Negeri China mengatakan pihaknya dengan tegas menentang “kolusi militer” antara Amerika Serikat dan Taiwan dan bahwa Washington harus “menahan diri untuk tidak mengirimkan sinyal yang salah kepada gerakan pemisahan diri untuk kemerdekaan Taiwan.”

Berbeda dengan kunjungan pejabat senior sekutu seperti Jepang dan Inggris ke AS yang dilakukan secara terbuka, kunjungan pejabat Taiwan, terutama militer, dilakukan secara diam-diam dan sering kali tidak dikonfirmasi secara resmi.

Washington dan Taipei tidak memiliki hubungan diplomatik atau militer resmi sejak tahun 1979, ketika AS mengalihkan pengakuannya kepada Beijing, meskipun AS terikat oleh hukum untuk memberi Taiwan sarana untuk mempertahankan diri.

China belum menghentikan penggunaan kekuatan untuk merebut Taiwan, tempat pemerintah Republik China yang kalah melarikan diri pada tahun 1949 setelah kalah dalam perang saudara China melawan Komunis Mao Zedong, yang mendirikan Republik Rakyat China.

Angkatan laut Taiwan termasuk kecil dibandingkan dengan AL China, yang menambah kapal selam dan kapal induk bertenaga nuklir. Di bawah upaya modernisasi yang diawasi oleh Presiden Tsai Ing-wen, Taiwan mengembangkan kapal selamnya sendiri, yang pertama kali diluncurkan tahun lalu. [lt/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG