Tautan-tautan Akses

Assange Bersedia Serahkan Diri Jika Diputuskan Bersalah oleh PBB


Pendiri situs WikiLeaks, Julian Assange (Foto: dok).

Pendiri situs WikiLeaks, Julian Assange (Foto: dok).

Julian Assange selama ini tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London sejak 2012 untuk menghindari ekstradisi ke Swedia, di mana ia dicari untuk ditanyai mengenai tuduhan pemerkosaan.

Pendiri situs WikiLeaks Julian Assange mengatakan ia akan bersedia ditangkap hari Jumat jika sebuah panel PBB mengeluarkan keputusan bahwa ia bersalah.

Assange selama ini tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London sejak 2012 untuk menghindari ekstradisi ke Swedia, di mana ia dicari untuk ditanyai mengenai tuduhan pemerkosaan.

Kelompok Kerja PBB mengenai Penahanan Sewenang-wenang menyelidiki klaim Assange bahwa kasus pemerkosaan itu merupakan dalih yang akan memungkinkan Swedia mengekstradisinya ke Amerika Serikat dan bahwa terkurungnya ia di kedutaan itu sama dengan penahanan sewenang-wenang. Amerika Serikat ingin mendakwanya karena menerbitkan informasi rahasia di situs WikiLeaks.

Assange, seorang warga negara Australia, membocorkan sejumlah kawat diplomatik dan dokumen sensitif lainnya yang dianggap Amerika Serikat sebagai informasi rahasia di WikiLeaks. Ini adalah salah satu kebocoran informasi terbesar dalam sejarah Amerika. [uh]

XS
SM
MD
LG