Tautan-tautan Akses

Pakistan Tunjuk Panglima Militer Baru


Panglima baru Militer Pakistan Jenderal Raheel Sharif (Foto: dok).

Panglima baru Militer Pakistan Jenderal Raheel Sharif (Foto: dok).

Perdana Menteri Pakistan telah menunjuk panglima militer baru dan mengangkat Jenderal Raheel Sharif ke salah satu posisi paling berpengaruh di negara itu.

Pakistan telah menunjuk panglima tentara baru, mengangkat Jenderal Raheel Sharif ke salah satu jabatan paling kuat di negara itu.

Pernyataan kantor PM Pakistan Nawaz Sharif mengumumkan keputusan pengangkatan Jenderal Raheel Sharif itu hari Rabu (27/11), dan Jenderal Sharif akan mulai memegang jabatan barunya hari Kamis.

Jenderal Sharif mengambil alih jabatan itu dari Jenderal Ashfaq Kayani, yang pensiun setelah menduduki jabatan tertinggi militer Pakistan selama enam tahun. Dalam jabatan barunya, Sharif mewarisi tantangan-tantangan seperti pemberontakan Taliban Pakistan, ketegangan hubungan dengan India, dan penarikan pasukan NATO dari Afghanistan.

Sharif berasal dari keluarga pejabat tinggi militer. Kakak laki-lakinya adalah seorang pahlawan perang yang mendapat penghargaan tertinggi dalam perang melawan India pada tahun 1971. Sharif sendiri berperan dalam membentuk kebijakan Pakistan menyangkut kelompok Taliban.

Tentara Pakistan yang berkekuatan 600 ribu orang memegang wewenang besar, dan telah menguasai negara itu selama lebih dari separuh sejarah 66 tahun setelah kemerdekaan negara itu dari Inggris.
XS
SM
MD
LG