Tautan-tautan Akses

Pakistan Minta PBB Tunda Laporan Penyelidikan Pembunuhan Bhutto


Mantan Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto tewas ditembak 27 Desember 2007.

Mantan Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto tewas ditembak 27 Desember 2007.

Sebelumnya seorang pejabat PBB yang diberi penjelasan singkat mengenai kesimpulan komisi itu mengatakan bahwa laporan itu menyalahkan pemerintah Pakistan yang gagal memberi perlindungan yang cukup kepada Benazir Bhutto.

PBB menunda dikeluarkannya sebuah laporan independen mengenai pembunuhan bekas Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto selama dua minggu.

Pejabat PBB mengatakan pihak berwenang Pakistan meminta penundaan dikeluarkannya laporan itu, namun pejabat PBB tersebut tidak merinci lebih jauh.

Kesimpulan penyelidikan independen yang dilakukan selama berbulan-bulan itu, diharapkan dikeluarkan hari ini.

Sebelumnya seorang pejabat PBB yang diberi penjelasan singkat mengenai kesimpulan komisi itu mengatakan bahwa laporan itu menyalahkan pemerintah Pakistan yang gagal memberi perlindungan yang cukup kepada Benazir Bhutto dan membersihkan tempat kejadian segera setelah pembunuhan itu.

Pemerintah Pakistan akhir Juni meminta PBB menyelidiki pembunuhan tahun 2007 terhadap Benazir Bhutto. Meskipun Pakistan dan Amerika awalnya menuduh komandan Taliban Pakistan Baitullah Mehsud atas kematian Bhutto, sekutu terdekat pemimpin politik itu terus bersikeras pejabat pemerintah dan lawan-lawan politiknya kemungkinan ikut berperan.

XS
SM
MD
LG