Tautan-tautan Akses

Pakistan Kuburkan Secara Masal Warga Syiah yang Tewas dalam Serangan Bis


Barisan ambulan membawa jenazah korban serangan bis ke lokasi pemakaman di Karachi, Pakistan (14/5).

Barisan ambulan membawa jenazah korban serangan bis ke lokasi pemakaman di Karachi, Pakistan (14/5).

Pakistan berkabung, dengan saluran televisi menyiarkan secara langsung gambar-gambar pelayat yang menghadiri ritual akhir bagi para korban serangan hari Rabu itu.

Di tengah keamanan yang ketat, ratusan warga Pakistan memberikan penghormatan mereka di pemakaman masal, hari Kamis (14/5), bagi 45 warga minoritas Syiah yang tewas dalam serangan militan terhadap sebuah bis, sehari sebelumnya di kota pelabuhan selatan, Karachi.

Pakistan berkabung, dengan saluran televisi menyiarkan secara langsung gambar-gambar pelayat yang menghadiri ritual akhir bagi para korban serangan hari Rabu (13/5) itu.

Serangan keji, di mana orang-orang bersenjata menyerbu bis yang mengangkut warga Syiah Ismailiyah, lalu memerintahkan mereka agar menundukkan kepala, kemudian menembak mati mereka, mengejutkan banyak kalangan di Pakistan.

Hal ini menyebabkan PM Nawaz Sharif bergegas ke Karachi, beberapa jam setelah serangan, dan memerintahkan dilakukannya penyelidikan. Tidak jelas siapa dalang serangan itu. Baik kelompok sempalan Taliban Pakistan dan afiliasi Negara Islam atau ISIS mengaku bertanggung jawab melakukan serangan tersebut.

Kelompok militan Sunni Pakistan memandang kaum Syiah sebagai golongan murtad dan telah menyerang mereka di masa lalu. PM Sharif mengimbau kepada semua rakyat Pakistan agar “bersatu melawan teroris biadab itu."

XS
SM
MD
LG