Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Terungkapnya Program Pengintaian Rugikan AS


Presiden Obama hari Jumat (20/12) mengatakan terungkapnya program pengintaian NSA merugikan Amerika, dari segi inteljen dan diplomasi.

Presiden Obama hari Jumat (20/12) mengatakan terungkapnya program pengintaian NSA merugikan Amerika, dari segi inteljen dan diplomasi.

Presiden Obama hari Jumat (20/12) mengatakan terungkapnya program pengintaian badan keamanan nasional AS (NSA) merugikan Amerika, dari segi inteljen dan diplomasi.

Presiden Obama mengatakan terungkapnya kerja NSA – lewat bocoran informasi oleh mantan kontraktor NSA Edward Snowden – telah merugikan Amerika, dari segi inteljen dan diplomasi.

Meskipun Obama mengakui bahwa perdebatan mengenai kegiatan pengintaian Amerika itu perlu dilakukan, ia mengatakan menurutnya ada cara yang lebih baik untuk memperdebatkannya tanpa menimbulkan kerugian.

Presiden Obama mengatakan kebocoran tersebut telah menimbulkan pandangan yang “keliru”. Ia menambahkan dengan semua “masalah” itu, Amerika adalah negara yang menjunjung tinggi hukum dan sangat peduli pada kebebasan sipil dan pribadi.

Namun menurut Obama, pengungkapan itu telah membuat negara-negara lain yang sebenarnya berbuat serupa seperti yang dikatakan Snowden, membuat Obama khawatir. Seperti memata-matai warganya sendiri, menarget pembangkang politik dan menekan pers, untuk berdiam diri seakan-akan Amerika yang punya negara bermasalah.

Presiden Obama tidak mau menanggapi apakah ia mungkin mempertimbangkan amnesti bagi Snowden sebagaimana dianjurkan Rick Legget – Ketua Gugus Tugas NSA untuk kasus Snowden – layak dipertimbangkan.

Obama mengatakan ia akan mempertimbangkan dan menyerahkan kasus Snowden kepada jaksa agung Amerika.
XS
SM
MD
LG