Tautan-tautan Akses

AS

Obama Dilarang Pakai iPhone untuk Alasan Keamanan


Presiden Barack Obama terlihat dalam kamera telepon dalam sebuah acara di Phoenix, Arizona. (Foto: Dok)

Presiden Barack Obama terlihat dalam kamera telepon dalam sebuah acara di Phoenix, Arizona. (Foto: Dok)

Barack Obama masih memakai Blackberry, dan tidak diperbolehkan memakai iPhone karena alasan keamanan.

Produsen telepon selular BlackBerry yang sedang mengalami kesulitan keuangan paling tidak masih memiliki satu pelanggan sangat setia: Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Dalam sebuah pertemuan dengan kelompok anak muda, Rabu (4/12) untuk mempromosikan undang-undang kesehatan yang diusulkannya, Obama mengatakan ia tidak diperbolehkan menggunakan ponsel pintar Apple, iPhone, karena “alasan keamanan,” meski ia masih menggunakan komputer tablet Apple, iPad.

Apple merupakan salah satu dari beberapa perusahaan teknologi yang telah memberikan Badan Keamanan Nasional (NSA) akses langsung terhadap server-server yang berisi data pelanggan, menurut pengakuan dari mantan kontraktor NSA Edward Snowden. Perusahaan-perusahaan tersebut telah menyangkal laporan itu.

Obama bersikeras memegang sendiri BlackBerry-nya setelah menjabat menjadi presiden pada 2009, meski ia mengatakan hanya 10 orang yang memiliki alamat surat elektronik pribadinya. Baik George W. Bush maupun Bill Clinton tidak menggunakan surat elektronik dalam masa jabatan mereka.

BlackBerry, sebuah perusahaan Kanada yang sebelumnya dikenal sebagai Research In Motion Ltd, menciptakan konsep surat elektronik berjalan, namun kehilangan cengkeramannya di pasar saat para pesaing muncul dengan alat-alat yang lebih mudah dipakai, seperti iPhone dari Apple dan telepon-telepon yang menggunakan sistem perangkat lunak Google, Android.

Perusahaan tersebut baru-baru ini menghentikan rencana untuk dijual dan mencoba babak baru dengan memfokuskan diri pada klien-klien perusahaan besar dan pemerintah. (Reuters)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG