Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tandatangani UU Kesehatan, Termasuk untuk Riset Kanker


Presiden AS Barack Obama menandatangani UU Penyembuhan Abad 21 di auditorium Gedung Putih, Washington (13/12), disaksikan Wakil Presiden Joe Biden (kiri) dan para anggota Kongres. (AP/Pablo Martinez Monsivais)

UU ini juga akan menyediakan pendanaan untuk penelitian otak, obat-obatan, dan perawatan penyalahgunaan obat-obatan dan kecanduan heroin dan opioid.

Presiden AS Barack Obama telah menandatangani Rancangan Undang Undang mengenai dana US$6,3 miliar untuk riset kanker, penyembuhan kecanduan narkoba dan layanan kesehatan mental. Ini mungkin undang-undang terakhir yang ditandatanganinya sebagai presiden.

Dalam upacara yang emosional hari Selasa (13/12), Obama menandatangani Undang-Undang mengenai Penyembuhan Abad ke-21 di auditorium Gedung Putih.

Obama menganggap penting menyoroti upaya Wakil Presiden Joe Biden dalam mendorong RUU itu. Bagian dari Undang-Undang yang menyediakan dana $1,8 miliar untuk pendanaan riset kanker tersebut diberi nama putera Joe Biden, Beau, yang meninggal akibat kanker otak tahun 2015.

"UU ini benar-benar akan menyelamatkan jiwa," kata Biden dengan nada sendu. "Dengan menandatanganinya, Presiden memberi harapan kepada jutaan warga Amerika."

UU ini juga akan menyediakan pendanaan selama tujuh tahun untuk berbagai sektor kesehatan lain: $1,5 miliar untuk penelitian otak, $1,4 miliar untuk obat-obatan, dan $1 miliar untuk perawatan penyalahgunaan obat-obatan dan kecanduan heroin dan opioid. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG