Tautan-tautan Akses

Obama: Dunia Butuhkan Afrika yang Mandiri


Presiden Amerika Barack Obama berbicara di depan forum “Washington Fellowship for Young African Leaders” di Washington hari Senin (28/7).

Presiden Amerika Barack Obama berbicara di depan forum “Washington Fellowship for Young African Leaders” di Washington hari Senin (28/7).

Presiden AS Barack Obama mengatakan stabilitas masa depan dunia tergantung pada kemakmuran dan kemandirian negara-negara Afrika.

Presiden Amerika Barack Obama berbicara di Washington hari Senin (28/7) di hadapan sekelompok tokoh muda yang berjumlah 500 orang yang menghadiri “Washington Fellowship for Young African Leaders” pertama. Para peserta mengikuti pelatihan kepemimpinan selama enam minggu di Amerika.

Pertemuan para tokoh muda itu mendahului KTT Pemimpin Afrika-Amerika yagn akan diselenggarakan di Washington pekan depan dan dihadiri oleh sekitar 50 pemimpin Afrika.

Dalam sambutannya, Obama mendorong para peserta untuk bangkit membela hak-hak perempuan dan hak asasi manusia. Ia juga memuji hal-hal yang sudah dicapai para peserta tersebut di tanah air mereka.

Para tokoh muda negara-negara Afrika itu bersorak ketika Presiden Obama mengumumkan bahwa program itu akan diberi nama “Nelson Mandela” – mengambil nama mendiang mantan presiden dan pemimpin anti-apartheid di Afrika Selatan. Obama mengatakan semangat kelompok itu menunjukkan optimisme dan idealisme Mandela, yang tutup usia bulan Desember lalu.

XS
SM
MD
LG