Tautan-tautan Akses

Obama: AS, Eropa Harus Ambil Tindakan Bersama Terhadap Rusia


Presiden Obama

Presiden Obama

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika Serikat dan Eropa harus mengambil tindakan bersama dalam memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina yang menurutnya mengancam kemerdekaan dan kedaulatan negara itu.

Obama, yang berbicara hari Minggu di Malaysia, mengatakan, Amerika Serikat dan Eropa harus mengambil tindakan bersama, untuk menunjukkan pada Rusia bahwa dunia bersatu dalam mengusulkan sanksi.

Obama mengatakan kesepakatan sebelumnya telah dicapai dengan Rusia untuk meredakan krisis itu, namun Rusia belum melakukan apapun untuk membantu.

Hari Sabtu, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry meminta dukungan Rusia tanpa syarat dalam usaha membebaskan para pengamat Eropa yang Jumat lalu ditangkap orang-orang bersenjata pro-Rusia di Ukraina Timur.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, Kerry menyampaikan tuntutan itu dalam pembicaraan telepon dengan sejawatnya dari Rusia, Sergei Lavrov. Moskow belakangan mengatakan, negara itu akan melakukan segala usaha untuk mengatasi situasi itu, namun menyalahkan pihak berwenang Ukraina karena gagal menjaga keamanan tim itu.

Rombongan pemantau itu melakukan tugas berdasarkan kesepakatan empat pihak yang meminta Organisasi Keamanan Dan Kerjasama Eropa (OSCE) memantau situasi keamanan dan hak asasi manusia di Ukraina bagian timur dan selatan yang penduduknya berbahasa Russia. Kesepakatan tersebut dicapai di Jenewa dan ditandatangani Russia, Ukraina, Amerika dan Uni Eropa.
XS
SM
MD
LG