Tautan-tautan Akses

Nelson Mandela, Inspirator Atlet Dunia


Nelson Mandela melambaikan tangannya kepada publik di Stadion Soccer City saat upacara penutupan kejuaraan World Cup 2010 di Johannesburg, Afrika Selatan (foto:dok).

Nelson Mandela melambaikan tangannya kepada publik di Stadion Soccer City saat upacara penutupan kejuaraan World Cup 2010 di Johannesburg, Afrika Selatan (foto:dok).

Dalam dunia olahraga, Nelson Mandela memiliki kemampuan untuk memberi inspirasi kepada tokoh-tokoh inspiratif dan membuat bintang-bintang olahraga internasional terkagum-kagum padanya.

Pemimpin anti-apartheid, mantan presiden Afrika Selatan dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang wafat pada hari Kamis dalam usia 95 tahun, memicu banyak pernyataan bela sungkawa dari para atlet terkenal dan badan-badan olahraga terkemuka di dunia.

Sumber Inspirasi Atlet Internasional

Muhammad Ali, yang juga merupakan teladan bagi begitu banyak orang, mengatakan Mandela mengilhami banyak orang untuk “meraih apapun yang tampaknya tidak mungkin.''

“Yang akan selalu saya kenang tentang Mandela adalah ia merupakan orang yang memiliki hati, jiwa dan semangat yang tidak dapat dibendung atau dikendalikan oleh ketidakadilan rasial dan ekonomi, jeruji penjara atau beban kebencian dan balas dendam,'' kata Muhammad Ali dalam pernyataan yang disampaikan oleh yayasannya.

Pele menulis, “Ia merupakan pahlawan, dan teman saya.”

Tiger Woods menyebut pertemuannya dengan Mandela pada tahun 1998 sebagai “momen inspiratif.”

“Ini berita menyedihkan bagi semua orang yang berkesempatan untuk bertemu dengan Mandela, dan saya telah terinspirasi oleh Mandela,'' kata Tiger Woods.

Usain Bolt mengunggah di Twitter: “Salah satu manusia paling mulia dalam sejarah.''

Pemain bola basket NBA LeBron James mengatakan, “Dalam usia 95 tahun, ia mampu melakukan hal-hal luar biasa tidak hanya untuk Afrika Selatan tetapi bagi seluruh dunia.''

Banyak olahragawan mencintai Mandela, Mandela pun mencintai olahraga dan menghargai potensi besar manfaat olahraga. Tidak perlu jauh-jauh dari negaranya sendiri, di mana ia terkenal karena menggunakan turnamen Piala Dunia Rugby 1995 untuk merobohkan salah satu rintangan terakhir untuk menghapus apartheid.

Mandela dan Piala Dunia 2010

Nelson Mandela dikenang dengan penayangan video penghormatan dalam upacara penarikan undian pertandingan Piala Dunia.

Tayangan video-klip selama 90 detik itu, termasuk gambar Mandela memegang trofi Piala Dunia FIFA ketika Afrika Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010.

Video dimulai dengan tepuk tangan panjang dari para tamu.
Mantan presiden Afrika Selatan dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian itu meninggal hari Kamis.

Penampilan terakhir Mandela di muka umum adalah dalam babak final Piala Dunia di Johannesburg bulan Juli 2010.

Tokoh yang ketika itu berusia 92 tahun, datang ke stadion Soccer City pada malam upacara penutupan menjelang pertandingan babak final.
XS
SM
MD
LG