Tautan-tautan Akses

AS

Museum Berita di AS Gelar Pameran Hari Kemerdekaan


Pameran di Newseum di Washington menyoroti berita-berita utama di Hari Kemerdekaan tahun 1776.

Pameran di Newseum di Washington menyoroti berita-berita utama di Hari Kemerdekaan tahun 1776.

Newseum yang dipersembahkan untuk pemberitaan dan jurnalisme, baru saja membuka pameran berjudul, "Breaking News: Kemerdekaan tahun 1776".

Pada tanggal 4 Juli, rakyat Amerika di seluruh negara akan merayakan ulang tahun kemerdekaan AS ke-240 dari penjajahan Inggris dengan parade, band, pesta barbekyu dan kembang api.

Tapi di gedung Newseum atau Museum Berita di pusat kota Washington, DC, ada sesuatu yang lain, peringatan HUT kemerdekaan AS yang lebih tenang.

Museum yang dipersembahkan untuk pemberitaan dan jurnalisme, baru saja membuka pameran berjudul, "Breaking News: Kemerdekaan tahun 1776". Pameran ini menampilkan satu dari hanya 19 edisi terbitan 6 Juli 1776, harian Pennsylvania Evening Post yang masih tersisa, koran pertama yang memuat Deklarasi Kemerdekaan yang baru diadopsi.

"Koran berumur 240 tahun yang luar biasa ini menunjukkan Deklarasi Kemerdekaan seperti yang pertama kali dilihat orang Amerika, sebagai berita halaman depan," kata Cathy Trost, wakil presiden pameran dan program di Newseum.

Pada tahun 1776, tidak ada televisi, komputer atau perangkat digital, kata Patty Rhule, direktur pameran Newseum.

"Sekarang kita mendapat berita dari Facebook atau Twitter atau Instagram atau dari radio atau televisi. Pada waktu itu, hanya ada surat kabar. Dalam artikel surat-surat kabarlah gagasan-gagasan diperdebatkan dan dibahas, tentang apakah akan melepaskan diri dari kerajaan Inggris."

Keempat halaman harian Pennsylvania Evening Post itu dipamerkan bersama dengan halaman-halaman surat kabar lain yang menunjukkan kilasan kehidupan sehari-hari di Philadelphia pada abad ke-18.

Kios-kios interaktif di pameran itu memungkinkan pengunjung

Untuk melihat lebih jelas dan membaca surat-surat kabar itu dalam ketajaman tinggi. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG