Tautan-tautan Akses

Mengeluh Sakit, Morsi Bermalam di Ruang Perawatan


Mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi saat hadir dalam sidang dengar keterangan hari Senin (4/11).

Mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi saat hadir dalam sidang dengar keterangan hari Senin (4/11).

Pejabat-pejabat senior keamanan Mesir hari Selasa (5/11) mengatakan mantan Presiden Mohammed Morsi terpaksa bermalam di ruang perawatan rumah sakit di lembaga pemasyarakatan setelah ia mengeluh sakit.

Kementerian Dalam Negeri Mesir menyangkal bahwa mantan Presiden terguling yang berusia 62 tahun – yang sejak digulingkan 3 Juli lalu hingga sidang pertama di pengadilan Senin (4/11) ditahan di sebuah fasilitas militer rahasia. Tetapi dalam sebuah pernyataan yang disiarkan kantor berita Mesir, disebutkan bahwa Morsi menjalani pemeriksaan medis dan akan dikembalikan ke tempat tahanannya semula nanti.

Setelah penampilan dramatisnya di pengadilan hari Senin, Morsi dipindahkan ke sebuah penjara dengan tingkat keamanan maksimum di sebuah daerah terpencil di dekat kota Alexandria. Penampilannya di pengadilan hari Senin adalah yang pertama di muka publik sejak ia ditahan 3 Juli lalu.

Dalam sidang pengadilan, Morsi menunjukkan perlawanan, dengan berbicara lantang kepada panel hakim dan menyatakan bahwa ia masih presiden Mesir. Ia dan ke-14 terdakwa lainnya sering melakukan interupsi sehingga hakim menunda pengadilan dua kali, sebelum menjadwalkan sidang berikutnya 8 Januari mendatang.

Morsi tidak mau mengaku bersalah dan mengatakan sidang pengadilan itu tidak sah. Morsi dituduh menghasut untuk membunuh pesaing-pesaingnya dalam aksi kekerasan di luar istana presiden di Kairo bulan Desember 2012 ketika ia masih berkuasa. Empat belas anggota Ikhwanul Muslimin juga diadili dalam kasus yang sama.

Morsi diterbangkan dengan helikopter dari gedung pengadilan di Kairo ke kompleks penjara Borg el-Arab, dimana landasan helikopter khusus telah disiapkan.

Para petugas penjara mengatakan ketika tiba kembali di penjara, Morsi mengeluh tekanan darah dan kadar gula darahnya tinggi.

Morsi sebelumnya dilaporkan punya beberapa masalah kesehatan. Ia pernah mengatakan kepada media, ketika ia bertarung dalam pemilu ia menderita diabetes. Ia juga pernah dirawat karena radang dinding lambung tahun 2000 dan tim kampanye presiden-nya mengatakan Morsi pernah dioperasi di tengkorak kepalanya tahun 2008.

Seorang petugas keamanan senior lainnya di Kairo mengatakan Morsi tampak marah dan mulanya menolak mengenakan pakaian penjara dalam sidang pengadilan itu. Ia akhirnya mengenakan pakaian tersebut setelah melakukan diskusi panjang.

Pejabat-pejabat keamanan telah menunjukkan kekhawatiran bahwa para pendukung radikal Morsi mungkin akan membebaskannya dari penjara. Itulah sebabnya Morsi ditahan di fasilitas penjara dengan tingkat keamanan maksimum.
XS
SM
MD
LG