Tautan-tautan Akses

Presiden Terguling Mesir Mulai Diadili


Seorang perempuan Mesir memegang potret presiden terguling Mohamed Morsi dalam sebuah protes di Kairo (1/11).

Seorang perempuan Mesir memegang potret presiden terguling Mohamed Morsi dalam sebuah protes di Kairo (1/11).

Morsi menghadapi tuduhan beserta 14 terdakwa lainnya yang dituduh menghasut pembunuhan dan kekerasan dalam bentrokan di luar istana presiden Desember lalu.

Mesir telah memulai peradilan terhadap presiden tersingkir Mohamed Morsi, di tengah-tengah kekhawatiran bahwa persidangannya dapat memicu ketegangan yang melingkupi negara itu sejak militer menggulingkannya pada Juli lalu.

Morsi hadir di pengadilan hari Senin (4/11), menandai penampilan pertamanya di depan umum sejak disingkirkan dari jabatan dan ditahan di sebuah lokasi rahasia. Persidangan diselenggarakan di akademi kepolisian di Kairo, di mana pemimpin tersingkir lainnya, Hosni Mubarak, menjalani peradilan.

Morsi dan 14 terdakwa lainnya menghadapi tuduhan menyulut pembunuhan dan kekerasan sewaktu terjadi bentrokan di luar istana kepresidenan pada Desember lalu.
Keamanan berlangsung ketat hari Senin (4/11) pada saat sekelompok besar pendukung Morsi berkumpul di luar lokasi sidang untuk memprotes apa yang mereka sebut peradilan yang tidak sah.

Kelompok Islamis Ikhwanul Muslimin terus menerus menuntut agar Morsi dipulihkan kembali kedudukannya sebagai presiden.
XS
SM
MD
LG