Tautan-tautan Akses

Moody’s Turunkan Peringkat Kredit Arab Saudi


Pembangunan Distrik Keuangan Saudi Arabia, utara Riyadh (REUTERS/Faisal Al Nasser)

Pembangunan Distrik Keuangan Saudi Arabia, utara Riyadh (REUTERS/Faisal Al Nasser)

Peringkat kredit Arab Saudi telah diturunkan oleh Moody’s Investor Services karena kejatuhan harga minyak dunia. Harga minyak yang rendah berakibat turunnya profil kredit Arab Saudi.

Angka kelayakan atau peringkat kredit Arab Saudi telah diturunkan oleh Moody’s Investor Services karena kejatuhan harga minyak dunia.

Dalam pernyataan Moody’s mengatakan penurunan itu mencerminkan pandangannya bahwa harga minyak yang rendah telah mengakibatkan memburuknya profil kredit Arab Saudi. Kombinasi pertumbuhan rendah, tingkat hutang yang lebih tinggi dan penyangga dalam dan luar negeri yang lebih kecil membuat Kerajaan itu dalam kedudukan yang kurang baik untuk meredam goncangan di masa depan.

Moody’s mengemukakan bahwa rencana Arab Saudi yang diumumkan baru-baru ini untuk menganekaragamkan ekonominya akan menstabilkan profil kreditnya dan memberi jalan kembali ke angka kelayakan kredit yang lebih tinggi.

Badan penilai kelayakan kredit itu mengatakan pihaknya juga menurunkan angka kredit bagi Oman dan Bahrain. Angka kelayakan kredit negara-negara produsen minyak lain di Teluk tidak berubah. Namun, Moody’s mengatakan prospek ekonomi semua negara itu negatif. [gp]

XS
SM
MD
LG